Ilhamdy, Zikri (2023) PROSES KREATIF ATAS PRODUKSI FILM TAU DI NAN ALIF. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang.
Text (Cover-Daftar Isi)
Cover-Daftar Isi.pdf - Published Version Download (619kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I WATERMARK.pdf - Published Version Download (515kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III WATERMARK.pdf - Published Version Download (266kB) |
|
Text (BAB V-Daftar Pustaka)
BAB V-DAFTAR PUSTAKA WATERMARK.pdf - Published Version Download (684kB) |
|
Text (Full Text Zikri Ilhamdy)
Full Text-Zikri Ilhamdy.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Film merupakan salah satu media komunikasi massa yang sangat berpengaruh dan efektif dalam menyampaikan pesan, informasi dan emosi kepada audiensnya. Sebagai mediator komunikasi film harus diproduksi terlebih dahulu dengan melalui beberapa tahapan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses dari tahapan yang terjadi saat pembuatan film Tau di Nan Alif, pertama Pra-Produksi, kedua Produksi dan ketiga Pasca-produksi Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif , karena metode ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara sistematis, faktual, dan akurat tentang fakta-fakta yang terjadi saat pembuatan film Tau di Nan Alif. Data-data penelitian ini diperoleh melalui wawancara, observasi partistipan dan dokumentasi. Pengolahan data berdasarkan teori Produksi versi Herbert Zetli. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa tahapan dalam produksi film terdiri dari tiga bagian. Pertama Pra-produksi dalam pembuatan film Tau di Nan Alif diawali dengan proses lobby sebagai perumusan dan kesepakatan projek sebagai penentu penggarapan setelahnya. Kedua Produksi, tahapan produksi untuk pembuatan film Tau di Nan Alif team produksi menjumpai kendala-kendala di luar dugaan, namun berkat kreativitas team produksi dan Sutradara khususnya semua problematika yang dijumpai di lapangan dapat diatasi sehingga proses syuting dapat beroperasi sebagaimana mestinya. Ketiga Pasca-produksi, dalam pembuatan film Tau di Nan Alif dalam tahapan editing berjalan sebagaimana mestinya, namun problem yang muncul terjadi pada tahapan distribusi, yaitu pada saat penyerahan projek lebih tepatnya, dimana pihak team produksi diminta untuk menambahkan sesi wawancara pada filmnya oleh client. Kata Kunci : Produksi Film, Media Massa
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Produksi Film, Media Massa |
Subjects: | Agama Islam > Filsafat dan Perkembangan Islam > komunikasi dan ilmu komunikasi, komunikasi massa dan kegagalan komunikasi |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | Ruang Baca FDIK |
Date Deposited: | 10 Oct 2023 04:36 |
Last Modified: | 12 Oct 2023 07:21 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/16422 |
Actions (login required)
View Item |