Pemberdayaan penyandang disabilitas melalui program usaha keluarga madani oleh lembaga Amil Zakat infak dan sedekah mitra ummat Madani kot padang

Annisah, Ikrimatul (2023) Pemberdayaan penyandang disabilitas melalui program usaha keluarga madani oleh lembaga Amil Zakat infak dan sedekah mitra ummat Madani kot padang. Skripsi thesis, Universitas Islam Indonesia imam Bonjol padang.

[img] Text (Cover persetujuan pembimbing pengesahan abstrak dan daftar isi)
cover dkk.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Bab i)
BAB I.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Bab iii)
BAB III.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Bab v dan daftar pustaka)
BAB V- DAFTR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Fulltext)
annisahhhh (2).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Yang melatar belakangi masalah dalam skripsi ini yaitu masalah prinsip partisipasi, kurang partisipasi dan perhatian masyarakat dan sesama mustahik penyandang disabilitas tunanetra. Prinsip keterbukaan kurangnya kejujuran bagi penerima program. Mereka yang telah menerima bantuan PRO UKM datang kembali untuk mengajukan data atau permohonan agar diberikan lagi bantuan, mereka berbohong dengan berkata belum pernah mendapatkan program padahal telah dapat dilihat dari data. Namun untuk beberapa tahun ini LAZIS MUM Kota Padang berhasil melakukan bentuk penerapan prinsip partisipasi dan keterbukaan dengan cara membuat mereka yaitu bagi penerima manfaat program mempunyai keinginan dan rasa tanggung jawab dalam mengembangkan usaha serta menanamkan sifat kejujuran kepada mereka apapun yang dilakukan kepada siapa saja atau dimana saja berada. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui prinsip partisipasi pemberdayaan penyandang disabilitas melalui PRO UKM oleh LAZIS MUM Kota Padang. (2) untuk mengetahui prinsip keterbukaan pemberdayaan penyandang disabilitas melalui PRO UKM Oleh LAZIS MUM Kota Padang. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakaan metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. informan penelitian ini terdiri dari mustahik penyandang disabilitas tunanetra, direktur utama LAZIS MUM dan anggota yang bersangkutan dalam pelaksanaan PRO UKM. Analisa data yang digunakan berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) Prinsip partisipasi terhadap peyandang disabilitas melalui PRO UKM oleh LAZIS MUM adalah turut serta dalam memberi bantuan. Namun bantuan yang diberikan tidak memberikan uang tunai secara langsung kepada mustahik melainkan memberikan apa kebutuhan yang diperlukan dalam meningkatkan dan demi kelancaran usaha mereka. (2) Prinsip keterbukaan terhadap penyandang disabilitas melalui PRO UKM oleh LAZIS MUM benar-benar mencari dan menyeleksi siapa yang jujur dan keinginan yang besar dalam menjalankan usaha agar tepat sasaran tidak salah orang dalam memberikan bantuan PRO UKM.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan, penyandang disabilitas, keluarga
Subjects: U Umum (General)
Agama Islam > Fiqih (Hukum Islam) > Zakat
Depositing User: Ruang Baca FDIK
Date Deposited: 10 Oct 2023 03:08
Last Modified: 13 Oct 2023 02:42
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/16392

Actions (login required)

View Item View Item