Strategi Public Relation dalam Mempertahankan Eksistensi Kepenyiaran Radio Arbes 101.0 FM pada Era Media Digital

Sari, Nur Fadilla (2023) Strategi Public Relation dalam Mempertahankan Eksistensi Kepenyiaran Radio Arbes 101.0 FM pada Era Media Digital. Skripsi thesis, FAKULTAS DAKWAH DAN ILMU KOMUNIKASI.

This is the latest version of this item.

[img] Text (Cover dan Pengesahan)
Nur Fadilla Sari. NIM 1912010023. Cover dan Pengesahan.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
Nur Fadilla Sari. NIM 1912010023. BAB I.pdf - Published Version

Download (734kB)
[img] Text (BAB III)
Nur Fadilla Sari. NIM 1912010023. BAB III.pdf - Published Version

Download (827kB)
[img] Text (BAB V)
Nur Fadilla Sari. NIM 1912010023. BAB V dan Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (499kB)
[img] Text (FULL TEXT)
Nur Fadilla Sari. NIM 1912010023. Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul Strategi Public Relation dalam Mempertahankan Eksistensi Kepenyiaran Radio Arbes 101.0 FM pada Era Media Digital disusun oleh Nur Fadilla Sari NIM 1912010023. Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Imam Bonjol Padang tahun 2023. Penelitian ini dilatarbelakangi adanya Podcast sebagai media yang hampir sama dengan radio yang di sebut media audio, podcast lahir untuk penyempurnakan media lama seperti radio karena dengan adanya podcast dapat mengatasi sifat radio yang tidak dapat berulang. Kemunculan media baru dapat membuat radio tertinggal karena telah digantikan oleh media terbaru. Demikian pula, radio Arbes juga menyatukan siaran radio melalui Internet, dan memungkinkan siaran Arbes dapat didengar di seluruh dunia dan dapat diikuti perkembangan teknologi digital. Dengan adanya internet membuat radio Arbes dapat memberikan peluang untuk meningkatkan eksistensinya. Melalui internet juga dapat menambah pendengar dari mana saja dan kapan saja. Selain itu Arbes juga aktif di berbagai media sosial. Sehingga dapat dirumuskan penelitian ini bahwa bagaimana strategi public relation dalam mempertahankan eksistensi kepenyiaran radio Arbes 101.0 FM pada era media digital. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui research, palnning, action dan evaluation. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yaitu penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian. Informan dari penelitian ini adalah direktur radio Arbes, GM radio Arbes, Humas radio Arbes dan Penyiar radio Arbes. Dengan menggunakan metode teknik pengumpulan data yang di lakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan temuan peneliti penulis menemukan keberadaan radio Arbes sudah berumur 51 tahun, Arbes melakukan kegiatan manajemen humas yang dirumuskan oleh Scoot dan Allen yaitu Research, palnning, communication, evaluation. Research yang dilakukan Arbes dengan cara terjun kelapangan untuk mencari data dan fakta yang sedang terjadi, planning yang dilakukan radio Arbes adalah dengan melakukan kegiatan branding melalui program off air, communication yang dilakukan Arbes dengan bekerjasama dengan iklan, ataupun perorangan untuk menambah pemasukan dalam iklan Arbes. Sedangkan evaluation yang dilakukan Arbes adalah melakukan evaluasi dan penilaian dalam kegiatan on air ataupun Off air tujuannya untuk memperbaiki kinerja yang tidak maksimal. Penyiaran yang sejalan dengan perkembangan media digital, radio Arbes melakukan siarannya dengan membuat akun media sosial untuk memungkinkan pendengar mengakses radio Arbes. Selain itu, dibuatnya startegi digital untuk membranding menggunakan "influencer" di akun Instagram dalam program Talkshow interaktif. Strategi digital ini dilakukan untuk mempromosikan brand tentang perusahaan sehingga mereka dapat mendorong perubahan dalam perilaku untuk mendengarkan radio Arbes.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Radio, Manajemen Humas, Arbes
Subjects: U Umum (General)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Ruang Baca FDIK
Date Deposited: 09 Oct 2023 08:52
Last Modified: 09 Oct 2023 08:52
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/16380

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item