Pengaruh Strategi Pembelajaran Team Games Tournament Untuk Meningkatkan Sikap Gotong Royong Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VIII MTS Negeri 5 Padang Pariaman

Riskiah, Evita (2023) Pengaruh Strategi Pembelajaran Team Games Tournament Untuk Meningkatkan Sikap Gotong Royong Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VIII MTS Negeri 5 Padang Pariaman. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI IMAM BONJOL PADANG.

[img] Text (Cover, Pernyataan keaslian, Persetujuan pembimbing, Pengesahan Tim penguji munaqasyah, Abstrak, Kata Pengantar, Daftar isi, Daftar Tabel, Daftar Gambar,.)
Evita Riskiah. NIM 1914090044. Cover DLL.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
Evita Riskiah. NIM 1914090044. BAB I.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
Evita Riskiah. NIM 1914090044. BAB III.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB V & Daftar Pustaka)
Evita Riskiah. NIM 1914090044. BAB V & Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (849kB)
[img] Text (Full Text)
Evita Riskiah. NIM 1914090044. Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi oleh permasalahan, kurangnya sikap gotong royong peserta didik kelas VIII MTs N 5 Padang pariaman dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Hal ini terlihat kendala yang dihadapi oleh peserta didik saat kerja sama umumnya tidak ada kecocokan dalam tim, pembagian tugas dalam tim tidak merata, tidak saling menghargai pendapat teman dan tidak saling membantu. Akibatnya berdampak pada sikap gotong royong siswa yang masih tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pengaruh strategi Team Games Tournament mampu meningkatkan sikap gotong royong peserta didik kelas VIII MTs N 5 Padang Pariaman. Untuk mencapai tujuan di atas, penelitian ini mengunakan pendekatan kuantitatif bentuk nonequivalent control group. Dalam penelitian ini mengunakan desain penelitian kontrol grup pre-test dan post test, serta instrumen yang digunakan untuk pengambilan data yaitu dengan pengisian lembaran penilaian sikap yang terdiri dari observasi guru, penilaian diri sendiri dan penilaian antar teman. Hasil lembar penilaian sikap gotong royong di analisis secara statistik mengunakan SPSS 26. Hasil penelitian yaitu: 1). Strategi Team Games Tournament dapat meningkatkan sikap gotong royong peserta didik melalui penilaian berupa pre-test dan post-test. 2). Sikap gotong royong peserta didik sebelum penerapan strategi Team Games Tournament pada pre-test kelas eksperimen dengan rata-rata 68,25 3). Sikap gotong royong peserta didik setelah penerapan strategi Team Games Tournamen pada post-test kelas eksperimen dengan rata-rata 89,94 4). Terdapat pengaruh signifikan penerapan strategi Team Games Tournament terhadap sikap gotong royong peserta didik, dibuktikan dengan mengunakan uji-T data sikap gotong royong peserta didik memiliki sig 0,000 Dimana lebih kecil dari signifikan 0,05. Hal ini berarti Ha diterima dan Ho ditolak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Team Games Tournament, Gotong Royong, Ilmu Pengetahuan Sosial.
Subjects: U Umum (General) > Pendidikan
U Umum (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPS
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 16 Oct 2023 02:40
Last Modified: 16 Oct 2023 02:40
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/16331

Actions (login required)

View Item View Item