Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Disertai Audio Visual Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis matematis Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 2 Painan Tahun Pelajaran 2017/2018

Drs. Zainal Asril, M.Pd, Zainal and Yulia, M.Pd, Ayu and Dr. Nana Sepriyanti, S.Pd., M.Si, Nana and Andi Susanto, S.Si, M.Sc, Andi (2018) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Disertai Audio Visual Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis matematis Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 2 Painan Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi thesis, UIN IB Padang.

[img] Text
COVER, PERSETUJUAN, PENGESAHAN, ABSTRAK.pdf

Download (624kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (381kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (418kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (692kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (175kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (214kB)
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Ummu Rasidah : Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Disertai Audio Visual Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis matematis Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 2 Painan Tahun Pelajaran 2017/2018 Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Painan tahun pelajaran 2017/2018. Hal ini disebabkan bahwa kurangnya keterampilan matematika dan partisipasi peserta didik dalam proses pembelajaran, sehingga berdampak terhadap kemampuan berfikir kritis matematis peserta didik. Salah satu cara yang dapat diterapkan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut yaitu dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing disertai Audio visual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “Kemampuan Berfikir Kritis Matematis Peserta Didik Yang Pembelajarannya Menggunakan Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Disertai Audio Visual Lebih Tinggi Dari Kemampuan Berfikir Kritis Matematis Yang Pembelajarannya Menggunakan Pembelajaran Konvensional Pada Peserta Didik Kelas VIII SMP N 2 PainanTahunPelajaran 2017/2018”. Jenis penelitian ini adalahquasy experiment dan rancangan penelitian Randomized Control Group Only Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Painan. Teknik pengambilan sampel berupa random sampling. Diperoleh kelas VIII.C sebagai kelas eksperimen (Snowball Throwing disertai Audio visual) dan kelas VIII.D sebagai kelas kontrol (pembelajaran biasa). Instrument yang digunakan berupa tes kemampuan berpikir kritis matematis. Waktu penelitian ini dimulai tanggal 06 – 11 Desember 2017 di SMP Negeri 2 Painan Kab. Pessel tahun pelajaran 2017/2018 semester ganjil. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik dengan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing disertai Audio visual 73.64 dan pembelajaran biasa 68.75, setelah dilakukan uji hipotesis menggunakan uji-t, diperoleh ttabel= 1,645 dan thitung= 2.129 dengan taraf kepercayaan 95%. Ini berarti thitung> ttabel, hal ini menunjukkan bahwa hipotesis diterima artinya kemampuan berfikir kritis peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing disertai Audio visual lebih tinggi daripada dengan menggunakan pembelajaran biasa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Matematika
Depositing User: Users 28 not found.
Date Deposited: 19 Jul 2018 04:40
Last Modified: 25 Jul 2018 02:09
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/1633

Actions (login required)

View Item View Item