Penerapan Model Pembelajaran SSCS(Search, Solve, Create, and Share) Disertai Media powerpoint Dalam Pembelajaran Matematika Kelas IX MTsN Simpang Empat Pasaman Barat Tahun Pelajaran 2017/2018

Dr. H. Ahmad Sabri, M. Pd, Sabri and Andi Susanto, S.Si, M.Sc, Andi and Dr. Nana Sepriyanti, S.Pd., M.Si, Nana and Yulia, M.Pd, Ayu (2018) Penerapan Model Pembelajaran SSCS(Search, Solve, Create, and Share) Disertai Media powerpoint Dalam Pembelajaran Matematika Kelas IX MTsN Simpang Empat Pasaman Barat Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi thesis, UIN IB Padang.

[img] Text
(cover, persetujuan pembimbing, abstrak).pdf

Download (653kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (458kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (494kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (556kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (190kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (240kB)
[img] Text
SKRIPSI FULL GABUNGAN KESELURUHAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Wike Herlian Sasmi : Penerapan Model Pembelajaran SSCS(Search, Solve, Create, and Share) Disertai Media powerpoint Dalam Pembelajaran Matematika Kelas IX MTsN Simpang Empat Pasaman Barat Tahun Pelajaran 2017/2018 Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika peserta didik kelas IX MTsN Simpang Empat Pasaman Barat. Sebagian besar masih di bawah kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 70. Disebabkan model pembelajaran yang pendidik gunakan belum bervariasi sehingga peserta didik memiliki kejenuhan dalam proses belajar, terlihat dari pembelajaran yang masih berpusat kepada pendidik, sehingga berdampak dalam hasil belajar peserta didik. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk masalah tersebut adalah dengan penerapan model pembelajaran SSCS(search, solve, create, and share) disertai media powerpoint. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar peserta didik yang diajarkan dengan menggunakan model SSCS (search, solve, create, and share) disertai media Powerpoint lebih baik dari pada hasil belajar matematika peserta didik yang menggunakan pembelajaran biasa.” Penelitian ini merupakan penelitian quasy experiment dan rancangan penelitian“Randomized Control Group Only Design”. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IX MTsN Simpang Empat Pasaman Barat Tahun Pelajaran 2017/2018. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan adalah random sampling. Diperoleh kelas IX.E sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah kelas IX.F. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar matematika peserta didik. Waktu penelitian ini dimulai tanggal 29 Agustus-20 September 2017 di MTsN Simpang Empat Pasaman Barat tahun pelajaran 2017/2018 semester ganjil. Hipotesis penelitian ini adalah hasil belajar matematika peserta didik yang menggunakan model pembelajaran SSCS(search, solve, create, and share) disertai media powerpoint lebih baik dari pada hasil belajar matematika peserta didik dengan pembelajaran biasa. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata hasil belajar peserta didik dengan penerapan model SSCS(search, solve, create, and share) disertai media powerpoint adalah 79,53 dan pembelajaran biasa 67,04. Setelah dilakukan uji hipotesis menggunakan uji-t, diperoleh thitung = 4,018 dan ttabel = 1,645 dengan taraf kepercayaan 95 %. Ini berarti thitung >t_(tabel ), sehingga menunjukan hipotesis diterima artinya hasil belajar matematika peserta didik yang diajarkan dengan model pembelajaran SSCS (search, solve, create, and share) disertai media Powerpoint lebih baik dari pada hasil belajar matematika peserta didik yang menggunakan pembelajaran biasa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Matematika
Depositing User: Users 28 not found.
Date Deposited: 19 Jul 2018 02:04
Last Modified: 19 Jul 2018 02:06
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/1632

Actions (login required)

View Item View Item