Kesiapan Guru Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) terhadap Kurikulum Merdeka Belajar dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Kampar

Azhara, Ditiya (2023) Kesiapan Guru Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) terhadap Kurikulum Merdeka Belajar dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Kampar. Skripsi thesis, FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN.

This is the latest version of this item.

[img] Text (Cover dll)
Cover dll.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I skripsi Ditiya Azhara (1914090031).pdf - Published Version

Download (659kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III skripsi Ditiya Azhara (1914090031).pdf - Published Version

Download (235kB)
[img] Text (BAB V-DAFTAR PUSTAKA)
BAB V- Daftar Pustaka skripsi Ditiya Azhara (1914090031).pdf - Published Version

Download (459kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full text Ditiya Azhara (1914090031).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah Untuk mengetahui kesiapan guru dalam penyusunan modul ajar, kesiapan guru dalam rencana AKM (Asesmen Kompetensi Minimum), kesiapan guru dalam rencana asesmen sumatif sebagai evaluasi pada akhir proses pembelajaran, dan kesiapan guru dalam pelaksanaan P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila). Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan teknik pengumpulan datanya adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber datanya adalah guru Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dan kepala sekolah Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Kampar. Hasil penelitian ini adalah Pertama, kesiapan guru dalam penyusunan modul ajar yaitu guru tersebut mandiri berubah, guru telah siap dan memahami secara baik dalam penyusunan modul ajar tersebut dengan mengikuti Pelatihan dan sosialisasi yang diberikan oleh pihak sekolah. Kedua, kesiapan guru dalam rencana AKM (Asesmen Kompetensi Minimum) yaitu guru telah siap dalam penyusunan rencana AKM secara baik keseluruhan mengenai AKM (Asesmen Kompetensi Minimum). Disusun untuk mendapatkan hasil belajar dengan keterampilan peserta didik dalam proses pembelajaran dan untuk mengetahui pencapaian pembelajaran peserta didik. Ketiga, kesiapan guru dalam rencana asesmen sumatif sebagai evaluasi pada akhir proses pembelajaran yaitu Asesmen Sumatif disusun ketika berakhirnya pembelajaran agar dapat mengukur ketercapaian pembelajaran peserta didik dan dapat mengukur peningkatan pengajaran serta pembelajaran selanjutnya. Keempat, kesiapan guru dalam pelaksanaan P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) yaitu dalam pelaksanaan P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) belum semua guru kelas VII memahami secara baik keseluruhan mengenai P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) tersebut, sehingga belum terlaksana secara maksimal. Agar telaksananya dengan baik dilakukan pembinaan dan pelatihan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Guru IPS, Kurikulum Merdeka Belajar, Pembelajaran IPS
Subjects: U Umum (General) > Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPS
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 13 Oct 2023 03:38
Last Modified: 13 Oct 2023 03:38
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/16316

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item