Implementasi Perbub Padang Pariaman Nomor 19 Tahun 2021 Tentang Tatacara Pemilihan, Pengangkatan dan Pemberhentian Wali Nagari ( Studi di Nagari Gunung Padang Alai Kecamatan V Koto Timur)

Altsyadiqie, Ichsan (2023) Implementasi Perbub Padang Pariaman Nomor 19 Tahun 2021 Tentang Tatacara Pemilihan, Pengangkatan dan Pemberhentian Wali Nagari ( Studi di Nagari Gunung Padang Alai Kecamatan V Koto Timur). Skripsi thesis, FAKULTAS SYARIAH.

[img] Text (Cover)
Cover.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (668kB)
[img] Text (BAB III)
BAB 3.pdf - Published Version

Download (687kB)
[img] Text (BAB V)
BAB 5.pdf - Published Version

Download (633kB)
[img] Text (Full Text)
BAB 1 - 5 full (IA).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Implementasi Perbup. Padang Pariaman Nomor. 19 Tahun 2021 Tentang Tatacara Pemilihan, Pengangkatan Dan Pemberhentian Wali Nagari (Studi Di Nagari Gunung Padang Alai Kecamatan V Koto Timur). Ditulis oleh Ichsan Altsyadiqie, NIM :1713040122 Prodi Hukum Tata Negara Fakultas Syariah UIN Imam Bonjol Padang tahun 2023. Adapun yang melatarbelakangi penulis melakukan penelitian ini adalah tentang tata cara pelaksanaan pemilihan wali nagari di Nagari Gunuang Padang Alai yang di dalam pelaksanaannya terdapat beberapa permasalahan yaitu adanya kejanggalan dalam pemilihan panitia dan karakter masyarakat yang memiliki hubungan antara individu ataupun kelompok yang memiliki hubungan kuat (gemeinschaft) serta ketegangan di tengah masyarakat. Rumusan masalah dalam skripsi ini yaitu bagaimana implementasi Perbub nomor 19 tahun 2021 tentang tata cara pemilihan, pengangkatan dan pemberhentian wali nagari. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif. Dengan menggunakan metode analisis deskriptif. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi, dengan sumber data: terdiri atas Bamus Padang Alai, Panitia Pemilihan Wali Nagari, Calon Wali Nagari, Deri Alpendo selaku Wali Ngari terpilih dan juga masyarakat. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan, Pertama pelaksanaan pemilihan Wali Nagari di Nagari Gunung Padang Alai, Kecamatan V Koto Timur Kabupaten Padang Pariaman merujuk pada Perbup Nomor 19 Tahun 2021. Meskipun ditemukan sejumlah kendala yang membuat Pilwana sedikit terganggu diantaranya saat pemilihan panitia Pilwana yang ditukar saat di tengah jalan, dan juga hilangnya surat suara pada pagi hari saat pemilihan dan ditemukan lagi saat penghitungan. Kedua dinamika pemilihan wali nagari Gunung Padang Alai cukup panas yang terjadi pada saat berlangsungnya pemilihan, hal ini terjadi karena longgarnya pengawasan dari pihak yang berwenang. Maka perlu merevisi Perbub Nomor 19 terkait kepanitian, karena tidak adanya pembagian tugas mulai dari penerimaan pendaftaran dari calon wali nagari sampai tugas pengawasan. Seharusnya perlu di buat panitia khusus menerima Pendaftaran dan penyelenggara dan panitia khusus terkait pengawasan berlangsungnya tahap pemilihan Wali Nagari. Sama hal seperti pemilihan umum di tingkat nasional ada Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan ada Badan Pengawasan Pemilihan Umum (Bawaslu). Ketiga Dalam perspektif Fiqh, ada syarat-syarat yang harus dipenuhi seorang pemimpin demikian juga dengan karakter yang harus mereka miliki, maka dalam konteks Pilwana syarat-syarat mengacu pada Perbub No 19 Tahun 2021 di samping ada syarat dan karakter yang menjadi ukuran mayarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemilihan Wali Nagari, Gunuang Padang Alai, Perbup No 19 Tahun 2021
Subjects: J Political Science > J General legislative and executive papers
K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Tata Negara
Depositing User: Ruang Baca Fakultas Syariah
Date Deposited: 13 Dec 2023 07:57
Last Modified: 13 Dec 2023 07:57
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/16306

Actions (login required)

View Item View Item