Silpana dea medi, Dms (2023) Penanaman Sikap Sosial Melalui Pembelajaran IPS Siswa SMPN 4 Gunung Tuleh di Pasaman Barat. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.
Text (cover dll)
Dea Medi Silpana-1914090052-TIPS-Cover Dll.pdf - Published Version Download (807kB) |
|
Text (bab 1)
Dea Medi Silpana-1914090052-TIPS-BAB I.pdf - Published Version Download (484kB) |
|
Text (bab 3)
Dea Medi Silpana-1914090052-TIPS-BAB III.pdf - Published Version Download (361kB) |
|
Text (bab 5 dan daftar pustaka)
Dea Medi Silpana-1914090052-TIPS-BAB V dan Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (324kB) |
|
Text (fulltext)
Dea Medi Silpana-1914090052-TIPS-Fulltext.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK Skripsi ini berjudul “ Penanaman Sikap Sosial Melalui Pembelajaran IPS di SMPN 4 Gunung Tuleh di Pasaman Barat” disusun oleh Dea Medi Silpana 1914090052 Program Studi Tadris IPS, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. Sikap sosial sangat efektif dalam pengintegrasian pembelajaran IPS karena di dalam pembelajaran IPS tidak hanya belajar hubungan manusia dengan individu, kelompok dan lingkungan. Akan tetapi di dalam pembelajaran IPS anak didik di tanamkan sikap sosial guna menjadi pribadi yang baik. Sebab nantinya anak didik akan berbaur dengan masyarakat. SMPN 4 Gunung Tuleh merupakan Sekolah Menengah Pertama Negeri yang berada di pedalaman Kabupaten Pasaman Barat tepatnya di Jorong Kampung Guo, dimana daerah tersebut sangat sepi karena jumlah penduduk yang sangat minim dan akses ke pusat keramaian juga sulit. Selain itu kultur budaya masyarakat kuno yang masih rentan terhadap pentingnya pendidikan, rendahnya pendidikan dari keluarga sejak dini, sulitnya infrastruktur jalan dan sulitnya akses internet untuk mengetahui informasi, dan biaya pendidikan. Tujuan peneliti dalam penelitian ini adalah untuk memndeskripsikan bagaimana penanaman sikap sosial siswa SMPN 04 Gunung Tuleh dan bagaimana langkah-langkah penanaman sikap sosial serta hasil dari penanaman sikap sosial di SMP tersebut. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif yakni masalah yang diselidiki dengan menggambarkan atau melukiskan keadaan objek pada penelitian saat-saat sekarang berdasarkan fakta-fakta yang nyata sebagaimana adanya tanpa bermaksud mengkomparasi atau membandingkan. Berdasarkan hasil penelitian yang peneliti lakukan di SMPN 4 Gunung Tuleh dapat di simpulkan bahwa: “dalam pembelajaran IPS sikap sosial sudah tercantum dalam RPP masing-masing Guru, langkah-langkah guru dalam menanamkan sikap sosial di SMPN tersebut sudah di kategorikan baik, dalam pembelajaran IPS guru menerapkan cara bersikap yang baik kepada orang yang lebih tua dan kepada teman-teman nya seperti meminjamkan teman buku/pena. guru melakukan sikap sosial melalui pembelajaran IPS di SMPN 4 Gunung Tuleh adalah 1.) Guru menerapkan 5S (senyum, sapa, salam, sopan dan santun) dalam sekolah dan di luar sekolah. 2.) Membawa siswa untuk ikut kegiatan sosial seperti: takziah, pengajian yang ada di dalam masyarakat. 3.) Membawa siswa mengikuti bakti sosial seperti membersihkan mesjid warga. 4.) Guru mengajak siswa dalam berpendapat dan menghargai pendapat temanya. Kata Kunci : sikap sosial, pembelajaran IPS
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sikap Sosial, pembelajaran IPS |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPS |
Depositing User: | Ruang Baca FTK 1 |
Date Deposited: | 06 Feb 2024 06:31 |
Last Modified: | 06 Feb 2024 06:31 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/16281 |
Actions (login required)
View Item |