Media yang Efektif pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VII di SMPN 14 Padang

Qhatimah, Annisa (2023) Media yang Efektif pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VII di SMPN 14 Padang. Skripsi thesis, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text (Cover, Pengesahan, Persetujuan, Abstrak, Kata Pengantar, Daftar Isi)
cover, pengesahan, persetujuan, abstrak, kata pengantar, daftar isi (Annisa Qhatimah 1914090098).pdf - Published Version

Download (748kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (552kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (270kB)
[img] Text (BAB V- DAFTAR PUSTAKA)
BAB V - DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (648kB)
[img] Text (Fulltext)
Annisa Qhatimah 1914090098 SKRIPSI FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh penggunaan media pembelajaran IPS kelas VII di SMPN 14 Padang. Media pembelajaran yang tersedia di SMPN 14 Padang adalah media laptop, media infocus, dan media gambar. Dalam penggunaannya guru IPS sering menggunakan media infocus dan media laptop dengan menampilkan powerpoint. Bagaimana dengan media yang lain apakah tidak efektif atau tidak menarik digunakan dalam pembelajaran IPS. Maka peneliti melakukan penelitian untuk mengetahui media mana yang paling efektif digunakan dalam pembelajaran IPS di SMP Negeri 14 Padang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui media yang efektif dalam pembelajaran IPS kelas VII di SMPN 14 Padang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data pada penelitian ini adalah kepala sekolah, waka kurikulum, guru, tata usaha, dan peserta didik. Alat pengumpul data penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan sesuai dengan analisis yang disarankan oleh Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian ini adalah pertama, penggunaan media pembelajaran IPS pada kelas VII dilakukan dengan cara menampilkan media yang sesuai dengan materi pembelajaran IPS. Media yang digunakan oleh guru adalah media laptop. media infocus, media hp, dan media gambar. Kedua, dari berbagai macam media yang digunakan oleh guru IPS, maka media yang paling efektif ada media laptop dan infocus yang menampilkan powerpoint. Dengan alasan pada penggunaan media laptop dan infocus ini guru sangat terbantu dan mudah dalam menerangkan pembelajaran, serta peserta didik juga mudah dalam memahami materi pelajaran yang disampaikan oleh guru. Selain itu juga dapat menarik perhatian peserta didik dengan menggunakan media laptop dan infocus ini dibanding tidak menggunakan media. Ketiga, terdapat beberapa kendala yang dialami oleh guru dalam menggunakan media pembelajaran, diantaranya adalah jumlah media yang terbatas seperti media laptop hanya sedikit yang tersedia disekolah, media infocus yang telah rusak dikarenakan medianya yang sudah cukup lama, guru kesulitan jaringan internet dikarenakan jaringan internet yang terbatas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Media Pembelajaran, Pembelajaran IPS
Subjects: U Umum (General) > Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPS
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 13 Oct 2023 05:50
Last Modified: 13 Oct 2023 05:50
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/16278

Actions (login required)

View Item View Item