Penafsiran Ayat-Ayat Tentang Ashhāb al-Yam¯in dalam al-Qur’a ̅n (Studi Komparatif antara Tafsir ath-Thabar¯i dan Tafsir Ibnu Kats¯ir)

Arnella, Ami Juwita (2023) Penafsiran Ayat-Ayat Tentang Ashhāb al-Yam¯in dalam al-Qur’a ̅n (Studi Komparatif antara Tafsir ath-Thabar¯i dan Tafsir Ibnu Kats¯ir). Skripsi thesis, FAKULTAS USHULUDDIN DAN STUDI AGAMA.

[img] Text (Cover, Pengesahan, Persetujuan Pembimbing, Abstrak, Kata Pengantar, Daftar Isi)
Cover, Pengesahan, Persetujuan Pembimbing, Abstrak, Kata Pengantar, Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (868kB)
[img] Text (Bab I)
Bab I.pdf - Published Version

Download (909kB)
[img] Text (Bab III)
Bab III.pdf - Published Version

Download (704kB)
[img] Text (Bab V)
Bab V - Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (608kB)
[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Permasalahan pokok yang dibahas dalam skripsi ini adalah perbandingan penafsiran antara ath-Thabari dan Ibnu Katsir pada ayat-ayat tentang ashhāb al-yam¯in dalam al-Qur’a ̅n. Hal ini sangat penting dikaji dimana al-Qur’a ̅n menjelaskan bagaimana pengelompokan golongan manusia dan bagaimana nilai-nilai penting yang ada di dalamnya. Maka dari itu rumusan masalah dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui makna golongan ashhāb al-yam¯in, mengetahui penafsiran ayat-ayat tentang ashhāb al-yam¯in, mengidentifikasi perbedaan dan persamaan penafsiran menurut Tafsir ath-Thabar¯i dan Tafsir Ibnu Kats¯ir yang terdapat dalam al-Qur’a ̅n dan menemukan nilai-nilai penting yang dapat diambil dari penafsiran Ibnu Katsir dan ath-Thabari dalam kaitannya dengan kehidupan masyarakat saat ini. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode maudhu’i (tematik) sedangkan teknik analisis datanya menggunakan deskriptif analisis komparatif yaitu menganalisa data tafsir yang mungkin mengandung perbedaan dan persamaan. Penelitian ini membandingkan dengan melihat sisi persamaan dan perbedaan penafsiran dua tokoh tafsir tentang ashha ̅b al-yam¯in yakni Ibnu Katsir dan ath-Thabari. Adapun sumber data primer dalam penelitian ini adalah Kitab tafsir Al-Qur’a ̅n Al-Azhim karya Ibnu Katsir dan Kitab tafsir Jami’ al-Bayan ‘An Ta’wil Ay al-Qur’a ̅n karya Imam ath-Thabari sedangkan sumber data sekundernya adalah Mu’jam al-Mufahras li al-Fadz al-Qur’a ̅n al-Karim, artikel, jurnal, buku-buku dan sumber lainnya yang berkaitan dengan penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan Pertama; makna ashhāb al-yam¯in dari Ibnu Katsir memaknai bahwa mereka memiliki kedudukan dibawah orang-orang yang mendekatkan diri kepada-Nya sedangkan ath-Thabari memaknai ashha ̅b al-yam¯in adalah anak-anak dari kaum mukmin yang meninggal ketika kecil, Kedua; penafsiran tentang ayat-ayat ashhāb al-yam¯in menurut kedua penafsiran tersebut ialah menafsirkan tentang pengelompokan golongan manusia serta bagaimana bentuk balasan yang akan diterima oleh masing-masingnya sesuai perbuatannya selama di dunia, Ketiga; persamaan kedua penafsiran tersebut terletak pada metode penafsiran, corak penafsiran dan pengutipan riwayat yang dalamnya Ibnu katsir mengutip beberapa riwayat dengan merujuk ke dalam penafsiran Kitab Tafsir ath-Thabar¯i. Sedangkan perbedaannya terletak pada biografi dan redaksi penafsiran dalam QS. al-Waqi’ah ayat 27, Keempat; nilai-nilai penting dari kedua penafsiran dalam kaitannya dengan kehidupan masyarakat saat ini diantaranya; nilai akidah, nilai ibadah, nilai dakwah dan nilai akhlak. Kata Kunci: Penafsiran, Ashhāb al-Yam¯in, Tafsir ath-Thabar¯i, Tafsir Ibnu Katsir

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penafsiran, Ashhāb al-Yam¯in, Tafsir ath-Thabar¯i, Tafsir Ibnu Katsir
Subjects: Agama Islam > Al-Qur'an dan Ilmu Berkaitan > Tafsir Al-Qur'an
Agama Islam > Al-Qur'an dan Ilmu Berkaitan > Ilmu Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama > Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Ruang Baca FUSA
Date Deposited: 12 Oct 2023 02:27
Last Modified: 12 Oct 2023 02:27
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/16262

Actions (login required)

View Item View Item