SEJARAH PERKEMBANGAN MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI(MTsN) KOTO BARU DHARMASRAYA TAHUN 1980-2017

YUNI, RIKA SARI (2018) SEJARAH PERKEMBANGAN MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI(MTsN) KOTO BARU DHARMASRAYA TAHUN 1980-2017. Skripsi thesis, UIN IB PADANG.

[img] Text (COVER, PERSETUJUAN PEMBIMBING, ABSTRAK)
COVER DKK.pdf - Published Version

Download (341kB)
[img] Text (KATA PERSEMBAHAN)
KATA PERSEMBAHAN.pdf - Published Version

Download (279kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (139kB)
[img] Text (KATA PENGANTAR)
4 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (92kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR IS1.pdf - Published Version

Download (222kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (391kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (380kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (289kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (579kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V - Copy.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (114kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (50kB)

Abstract

ABSTRAK Yuni Rika Sari, NIM: 1314090921, ”Sejarah Perkembangan Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Koto Baru Kabupaten Dharmasraya (1980-2017)”, Prodi Tadris IPS Konsentrasi Sejarah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang 2018. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya keinginan masyarakat Koto Baru untuk mendirikan Madrasah Tsanawiyah di Koto Baru. Hal ini dilakukan karena masyarakat merasa cemas terhadap perkembangan pendidikan anak-anaknya yang kurang mendapatkan pendidikan agama Islam. Atas inisiatif Buya Burhanudin Thalib maka didirikanlah sekolah Madrasah Tsanawiyah Swasta (MTsS) Koto Baru dari tahun1980 sampai tahun 2017. Tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengetahui Sejarah Perkembangan Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Koto Baru Kabupaten Dharmasraya (1980-2017). Penelitian ini menggunakan metode penelitian sejarah yang terdiri dari 4 langkah yaitu, pertama heuristik atau pengumpulan data, Kedua kritik sumber, Ketiga interpretasi, keempat historiografi. Dari hasil penelitian, diperoleh hasil bahwa MTsN Koto Baru Dharmasraya merupakan salah satu lembaga pendidikan Islam terletak di Kenagarian Koto Baru dan merupakan hasil prakarsa serta perjuangan masyarakat Koto Baru. Mereka mengutarakan keinginannya untuk mendirikan sebuah lembaga pendidikan Islam pada tahun 1980 yang diberi nama Madrasah Tsanawiyah Swasta. Di Koto Baru dengan meminjam lokasi belajar di gedung MDA. Pada tahun 1994 Madrasah ini dinegerikan sesuai SK Departemen Agama RI Nomor 13, tentang perubahan status Madrasah Tsanawiyah Swasta menjadi Madrasah Tsanawiyah Negeri. Periode pertama dimulai dari periode Burhanudin Thalib tahun 1980-1981 tahun ini masih sangat sederhana karena masih dalam tahap persiapan. Pada periode kedua Muslim Usman 1981-1984 pada masa ini kondisi sekolah Madrasah Koto Baru sangat sederhana hanya ada sedikit peningkatan. Periode Awaludin dan periode Amaf MTsS pada masa itu mengalami perkembangan yang terhadap pelaksanaan dibidang kurikulum, guru, Siswa, dan saran prasarana. Pada tahun 1994-1997 periode Matsir mengalami perkembangan baik itu kurikulum, guru, siswa, sarana prasarana dan prestasi sekolah. pada tahun 2003-2009 tahun ini periode Asai Nurjal tahun ini mengalami perkembangan yang baik tentang kesiswaan, guru, kurikulum, saran prasarana dan prestasi. Tahun 2009-2015 periode Syafrudin tahun ini mengalami perkembangan yang baik juga dari segi kurikulum, siswa, guru, prestasi dan sarana prasarana. Tahun 2015-sekarang periode Sitar tahun ini mengalami perkembangan yang lebih baik lagi terhadap siswa, tenaga pengajar, kurikulum, prestasi dan sarana prasarana.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPS
Depositing User: Users 31 not found.
Date Deposited: 17 Jul 2018 07:30
Last Modified: 19 Jul 2018 04:39
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/1626

Actions (login required)

View Item View Item