Pengaruh Sistem Informasi Akuntansi dan Intellectual Capital terhadap Kinerja Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kecamatan Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal

nisa, khoirun (2023) Pengaruh Sistem Informasi Akuntansi dan Intellectual Capital terhadap Kinerja Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kecamatan Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal. Skripsi thesis, FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM.

[img] Text (Cover, Abstrak, Pengesahan)
Khoirunnisa. NIM 1916040001. Cover, Abstrak, Pengesahan.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB 1)
Khoirunnisa, Nim 1916040001, BAB 1.pdf - Published Version

Download (463kB)
[img] Text (BAB 3)
Khoirunnisa, NIM 1916040001, BAB 3.pdf - Published Version

Download (577kB)
[img] Text (BAB 5 dan Daftar Pustaka)
Khoirunnisa, NIM 1916040001, BAB 5 dan Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (733kB)

Abstract

Adapun permasalahan dalam penelitian ini adalah pada UMKM di Kecamatan Panyabungan masih banyak yang kurang dalam menggunakan sistem Informasi akuntansi dengan Intellectual capital hal ini sangat berpengaruh karena hasil observasi peneliti menyatakan bahwa UMKM yang menggunakan sistem informasi akuntansi dan Intellectual capital yang baik dengan UMKM yang belum dan bahkan sama sekali tidak menggunakan sistem informasi akuntansi sangat berbeda baik dalam segi pendapatan, kemudahan dalam menghitung pendapatan dan pengeluaran dan lebih banyak konsumen UMKM yang menggunakan sistem informasi akuntansi dan Intellecutal capital dibanding yang masih kurang dalam menggunakan bahkan yang tidak menggunakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sistem informasi akuntansi dan Intellectual capital terhadap kinerja Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kecamatan Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif, data penelitian ini yaitu data primer, pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan rumus Slovin dan teknik purposive sampling dengan kriteria sampel yaitu UMKM yang bergerak di bidang makanan minuman ringan, fashion, kuliner, dan yang menjual peralatan rumah tangga dan UMKM yang sudah menggunakan sistem informasi akuntansi. Sampel sebanyak 100 responden sesuai dengan kriteria yang ditentukan. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan Structural Equation Model (SEM) dengan menggunakan Software Partial Least Square (PLS) yaitu Software Smart PLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem informasi akuntansi berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja UMKM, Intellectual capital berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja UMKM.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi akuntansi, Intellectual capital, Kinerja UMKM
Subjects: U Umum (General) > Manajemen
U Umum (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Ruang Baca FEBI
Date Deposited: 10 Oct 2023 00:47
Last Modified: 10 Oct 2023 02:51
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/16256

Actions (login required)

View Item View Item