Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT), Pembelajaran IPS, Kendala

Ramadhani, Utari (2023) Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT), Pembelajaran IPS, Kendala. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover)
Cover, Abstrak, Pengesahan, Persetujuan, Kata Pegantar, Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB 1 WATERMARK.pdf - Published Version

Download (600kB)
[img] Text (BAB III)
BAB 3 WATERMARK.pdf - Published Version

Download (282kB)
[img] Text (BAB V- Daftar Pustaka)
BAB 5-DAPUS WATERMARK.pdf - Published Version

Download (286kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Utari Ramadhani 1914090084 Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah salah satu fenomena yang terjadi dalam pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together dalam mata pelajaran IPS kelas VIII di SMPN 2 Gunung Talang, model pembelajaran ini merupakan salah satu model yang digunakan dalam pembelajaram IPS, namun pada pelaksanaannya masih banyak terdapat peserta didik yang kurang semangat dan kurang aktif serta dalam pembelajaran masih ada teman yang mengandalkan teman lainnya pada saat pembuatan tugas dan diskusi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana RPP, Pelaksanaan, dan kendala pelaksanaan model pembelajaran koopertaif tipe numbered head together dalam mata pelajaran IPS kelas VIII di SMPN 2 Gunung Talang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan. Sumber data yang digunakan adalah Data Primer yaitu kepala sekolah, guru mata pelajaran, peserta didik SMPN 2 Gunung Talang, dan Data Sekunder yaitu dokumen-dokumen yang yang terkait dengan fokus penelitian. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah obsevasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah: Satu, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) terdiri dari kegiatan pendahuluan, dalam kegiatan pendahuluan guru menjelaskan tentang sistem pembelajaran model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together. Kegiatan inti, dalam kegiatan inti terdapat langkahlangkah pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together. Kegiatan penutup, di dalam kegiatan penutup guru bersama-sama dengan peserta didik menyimpulkan materi, lalu guru memberikan tugas kepada peserta didik. Kedua, pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together pada mata peajaran IPS kelas VIII di SMPN 2 Gunung Talang telah dilaksanakan dengan baik akan tetapi belum sempurna karena dalam pembagian kelompok guru hanya menyerahkan kepada peserta didik sehingga mengakibatkan memilih-milih teman. Ketiga, Kendala pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together seperti durasi waktu yang singkat, tidak tersampainya materi pembelajaran secara menyeluruh kepada peserta didik, siswa yang cendrung cuek akan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: U Umum (General) > Ilmu Sosial
U Umum (General) > Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPS
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 06 Feb 2024 07:11
Last Modified: 06 Feb 2024 07:11
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/16242

Actions (login required)

View Item View Item