PERAN GURU PAI DALAM PEMBINAAN MENTAL SISWA DI MADRASAH ALIYAH SWASTA (MAS) NURUL HIDAYAH SIMATORKIS KECAMATAN RAO SELATAN KABUPATEN PASAMAN

Romaito, Romaito (2023) PERAN GURU PAI DALAM PEMBINAAN MENTAL SISWA DI MADRASAH ALIYAH SWASTA (MAS) NURUL HIDAYAH SIMATORKIS KECAMATAN RAO SELATAN KABUPATEN PASAMAN. Skripsi thesis, UIN IMAM BONJOL PADANG.

[img] Text (COVER)
ROMAITO. 1914010112. COVER DLL .pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
ROMAITO. 1914010112. BAB I.pdf - Published Version

Download (576kB)
[img] Text (BAB III)
ROMAITO. 1914010112. BAB III.pdf - Published Version

Download (357kB)
[img] Text (BAB V)
ROMAITO. 1914010112. BAB V.pdf - Published Version

Download (455kB)
[img] Text (FULL TEXT)
ROMAITO . 1914010112. FULL PDF.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Judul Skripsi ini adalah “Peran Guru PAI dalam Pembinaan Mental Siswa Di Madrasah Aliyah Swasta (MAS) Nurul Hidayah Simatorkis Kecamatan Rao Selatan Kabupaten Pasaman” ditulis oleh Romaito 1914010112 Program Studi Pendidikan Agam Islam Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. Penelitian ini di latar belakangi oleh belum maksimalnya peran guru PAI dalam pembinaan mental siswa di MAS Nurul Hidayah Simatorkis, yang ditandai dengan guru PAI belum sepenuhnya berperan dalam pembinaan mental peserta didik, pendidikan agama yang diberikan oleh guru PAI belum bisa diaplikasikan oleh peserta didik dalam kehidupan sehari-hari, kurangnya pengawasan, bimbingan dan perhatian guru PAI terhadap pembinaan mental peserta didik, tata tertib madrasah dan pelaksanaan disiplin masih kurang dioptimalkan. Tujuan penelitian ini secara umum adalah untuk mengetahui peran guru PAI dalam pembinaan mental siswa di MAS Nurul Hidayah Simatorkis, Kecamatan Rao Selatan Kabupaten Pasaman. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif yaitu penelitian yang berusaha mengambarkan peran guru PAI dalam pembinaan mental Siswa di MAS Nurul Hidayah Simatorkis. Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Aliyah Swasta (MAS) Nurul Hidayah Simatorkis Kecamatan Rao Selatan Kabupaten Pasaman. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknis analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarik kesimpulan. Proses pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi, tinjauan sejawat dan ketekunan pengamatan. Hasil penelitian ini menunjukkkan bahwa peran guru PAI di MAS Nurul Hidayah Simatorkis adalah: sebagai pembimbing, suri tauladan, pemberi perhatian, penasehat, dan memberikan hukuman. Adapun upaya yang dilakukan oleh guru PAI dalam pelaksanaan pembinaan mental siswa di Madrasah Aliyah Swasta Nurul Hidayah Simatorkis adalah dengan melalui 2 cara yaitu: 1) Pembinaan ilmu agama, melalui kegiatan intrakurikuler, ekstrakurikuler dan kokurikuler. 2) Membiasakan diri dengan pengamalan ilmu agama melalui kebiasaan membaca Al-Qur’an sebelum memulai pembelajaran dan shalat zuhur berjamaah. Adapun faktor yang mempengaruhi peran guru PAI dalam pembinaan mental siswa diantaranya yaitu: 1) Adanya minat siswa; 2) Adanya motivasi siswa; 3) Kondisi fisik dan kesehatan siswa; 4) Lingkungan sekolah; 5) Lingkungan sosial budaya masyarakat; 6) Teknologi informasi komunikasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran Guru PAI, Pembinaan Mental Siswa
Subjects: Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 16 Oct 2023 06:02
Last Modified: 16 Oct 2023 06:02
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/16240

Actions (login required)

View Item View Item