Analisis Dampak Modal Sosial Terhadap Kredit Macet Dalam Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Di Air Bangis Kabupaten Pasaman Barat.

Azzhukro, Yelfi (2023) Analisis Dampak Modal Sosial Terhadap Kredit Macet Dalam Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Di Air Bangis Kabupaten Pasaman Barat. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (COVER, PENGESAHAN, DAFTAR ISI)
Cover - Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
Watermard Bab 1 word revisi siap sidang SKRIPSI SIDANG MUNAQASAH YELFI AZZHUKRO 1916010094 (PROBIT).pdf - Published Version

Download (324kB)
[img] Text (BAB III)
Watermard BAB 3 word revisi siap sidang SKRIPSI SIDANG MUNAQASAH YELFI AZZHUKRO 1916010094 (PROBIT).pdf - Published Version

Download (341kB)
[img] Text (BAB V dan DAFTAR PUSTAKA)
BAB 5 dan Daftar Pustaka SKRIPSI SIDANG MUNAQASAH YELFI AZZHUKRO 1916010094 (PROBIT).pdf - Published Version

Download (337kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL)
Skripsi full watermark.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Salah satu kebijakan pemerintah untuk mengatasi kemiskinan yaitu dengan memberikan bantuan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat terhadap masyarakat miskin yang sangat membutuhkan. PNPM ini diharapkan dapat membantu kemiskinan yang ada di tengah masyarakat terutama di Air Bangis Kab. Pasaman Barat Kec. Sungai Beremas. Dimana untuk menjalankan sistem tersebut terdapat modal sosial yang sangat kuat terjadi diantara anggota-anggota PNPM. Modal sosial adalah kemampuan masyarakat untuk bekerja sama, demi mencapai tujuan-tujuan bersama, didalam berbagai kelompok dan organisasi. Kredit macet sebagai pinjaman yang mengalami kesulitan dalam penyelesaian kewajiban-kewajiban oleh anggota terhadap pnpm karena faktor kesengajaan. Berdasarkan masalah pada penelitian ini yaitu, bagaimana pengaruh modal sosial terhadap kredit macet dalam program nasional pemberdayaan masyarakat di Air Bangis? Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Dalam penelitian ini penulis melihat dampak dari modal sosial terhadap kredit macet. Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi probit dengan dibantu variable-variable control menggunakan perangkat stata versi 17. Hasil penelitian didapatkan nilai signifikan sebesar 0,05 < 0,05 dengan nilai koefisien -0,162. Artinya modal sosial berperan sangat baik dalam mengurangi tingkat kredit macet sebesar -0,162 poin.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Modal Sosial, Kredit Macet, PNPM
Subjects: U Umum (General) > Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Ruang Baca FEBI
Date Deposited: 11 Oct 2023 14:28
Last Modified: 11 Oct 2023 14:28
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/16239

Actions (login required)

View Item View Item