Leilani Putri, Khosyi (2023) Pengembangan Modul Elektronik Fisika Berbasis Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.
Text (Cover dll)
Cover dll.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I khosyi BENAR .pdf - Published Version Download (517kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III khosyi BENAR.pdf - Published Version Download (830kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V khosyi BENAR.pdf - Published Version Download (444kB) |
|
Text (FULL TEXT)
Full Text.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Khosyi Leilani Putri, NIM.1914080017 “Pengembangan e -modul fisika berbasis project based learning terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik”. Skripsi : Program Studi Tadris Fisika, Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan, Universitas Islam Negri Imam Bonjol Pandang. Pengembangan E-Modul Fisika Berbasis Project Based Learning ini berkaitan dengan keterampilan berpikir kreatif peserta didik yang masih rendah. Penyebab rendahnya keterampilan berpikir kreatif peserta didik. Diantara kebiasaan belajar masih bergantung pada pendidik, belum terlatihnya keterampilan berpikir kreatif peserta didik dan bahan ajar yang seadanya menyebabkan peserta didik pasif dan bosan sehingga menurunkan tingkat keterampilan berpikir kreatif peserta didik. Untuk itu dikembangkan bahan ajar yang dapat melatih kemandirian belajar dan melatih berpikir serta dapat diakses dimana saja yang berbentuk e -modul yang sesuai dengan kurikulum merdeka belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan kualitas e- modul kacamata berbasis project based learning terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik yang valid dan praktis melalui proses pengembangan e-modul. Penelitian ini mengadaptasi Langkah-langkah model plomp. Tahap pengembangannya adalah penelitian pendahuluan, tahap prototyping , dan tahap penilaian . Pada penelitian pendahuluan dilakukan studi pendahuluan dengan melakukan kajian literatur, analisis kebutuhan dan konteks, dan pengembangan kerangka kerja yang menghasilkan desain awal e-modul berbasis Project Based Learning. fase pembuatan prototipe terdiri dari tiga tahap yaitu: mendesain prototipe, melakukan evaluasi formatif, dan merevisi prototipe. Evaluasi formatif dilakukan untuk mengetahui kevalidan prototipe E-Modul fisika berbasis Project Based Learning. Tahap penilaian dilakukan untuk mendapatkan model yang praktis melalui uji coba terbatas pada pembelajaran fisika. Data penelitian diperoleh melalui observasi, angket praktik terhadap peserta didik SMA N 8 Kota Padang kelas X. Analisis data dan angket dilakukan secara kuantitatif, sedangkan data dan hasil observer untuk melihat keterlaksanaan E-modul berbasis PJBL menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukan bahwa produk berupa e -fisika berbasis model project based learning sudah valid dan praktis. Hasil validitas dari ahli menunjukkan bahwa e-modul fisika berbasis Project Based Learning sangat valid dengan skor rata-rata 86% dengan persentase uji kelayakan material/isi 87,5%, kelayakan konstruksi 78,5%, dan kelayakan bahasa 92%. Uji kepraktisan produk dengan skor rata-rata 89,2% dengan persentase pendidik mendapatkan rata-rata 95% dan peserta didik 83,4%. Sedangkan Keterlaksanaan e-modul fisika dinilai oleh dua orang observer dengan rata-rata 3,65% dengan kategori sangat praktis dan Percentages Of Agrement 77,22% dengan kategori Good Agrement. Maka produk berupa e-modul fisika berbasis Project Based Learning sudah Sangat Valid dan Praktis dapat dilaksanakan dalam pembelajaran. E-modul Fisika Berbasis Project Based Learning dapat dan mudah digunakan oleh pendidik dan peserta didik serta memberikan manfaat bagi mereka.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Modul Elektronik, Project Based Learning, Berpikir Kreatif |
Subjects: | Agama Islam U Umum (General) D History General and Old World > D History (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPA |
Depositing User: | Ruang Baca FTK 1 |
Date Deposited: | 06 Feb 2024 01:53 |
Last Modified: | 06 Feb 2024 01:53 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/16227 |
Actions (login required)
View Item |