Determinan Kepatuhan Zakat dari Aspek Sosiodemografi dan Lingkungan Sosial pada Petani Bawang Merah di Kecamatan pantai Cermin

Deswira, Alda Nofriza (2023) Determinan Kepatuhan Zakat dari Aspek Sosiodemografi dan Lingkungan Sosial pada Petani Bawang Merah di Kecamatan pantai Cermin. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI IMAM BONJOL PADANG.

[img] Text (Cover)
Cover, Persetujuan Pembimbing, pengesahan dll.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
Alda Nofriza Deswira. NIM 1916010056. BAB I.pdf

Download (369kB)
[img] Text (BAB III)
Alda Nofriza Deswira. NIM 1916010056. BAB III.pdf

Download (598kB)
[img] Text (BAB V, DAFTAR PUSTAKA)
BAB V, Daftar Pustaka.pdf

Download (342kB)
[img] Text (FULLTEXT)
Full text Skripsi .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Zakat merupakan ibadah yang mempunyai nilai sosial dan ekonomi sehingga dapat mengatasi masalah kemiskinan. Upaya dalam mengatasi kemiskinana dapat dilakukan dengan pemerataan pendapatan. Dalam islam upaya pemerataan pendaptaan salah satunya yaitu zakat. Kecamatan Pantai Cermin yang terletak di kabupaten Solok merupakan salah satu kecamatan dengan potensi zakat yang cukup besar. Apabila direalisasikan dengan baik maka akan sangat membantu perekonomian masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kepatuhan petani bawang merah di kecamatan Pantai Cermin dalam membayar zakat hasil pertanian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling, dengan jumlah responden sebanyak 100 orang. Penelitian ini menggunakan analisis regresi logistik dengan menggunakan software IBM SPSS 25. Hasil penelitian ini menunjukan secara parsial faktor pendapatan, pendidikan, dan lingkungan sosial berpengaruh terhadap kepatuhan zakat petani bawang merah di Kecamatan Pantai Cermin. Dan faktor gender tidak berpengaruh terhadap kepatuhan petani bawang merah dalam membayar zakat. Adapun tingkat determinasi (R2 ) pada penelitian ini adalah sebesar 42,6% yang menunjukan bahwa variabel dependen dapat dijelaskan oleh variabel independen sebesar 42,6%, sedangkan sisanya yaitu 57,4% dijelaskan oleh variabel lain diluar penelitian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Agama Islam > Fiqih (Hukum Islam) > Zakat
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Ruang Baca FEBI
Date Deposited: 09 Oct 2023 08:28
Last Modified: 12 Oct 2023 09:26
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/16212

Actions (login required)

View Item View Item