Pengaruh Pemahaman Materi Mengutamakan Kejujuran dan Menegakkan Keadilan terhadap Akhlak Peserta Didik Kelas IX di SMPN 1 Batang Anai

Januwilis, Silsi Afri (2023) Pengaruh Pemahaman Materi Mengutamakan Kejujuran dan Menegakkan Keadilan terhadap Akhlak Peserta Didik Kelas IX di SMPN 1 Batang Anai. Skripsi thesis, FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN.

This is the latest version of this item.

[img] Text (Cover, Abstrak dan Pengesahan)
COVER, ABSTRAK dan PENGESAHAN Silsi Afri Januwilis. NIM. 1914010064.pdf - Published Version

Download (635kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I Silsi Afri Januwilis.NIM. 1914010064.pdf - Published Version

Download (706kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III Silsi Afri Januwilis. NIM. 1914010064.pdf - Published Version

Download (815kB)
[img] Text (BAB V dan Daftar Pustaka)
BAB V dan Daftar Pustaka Silsi Afri Januwilis. NIM. 1914010064.pdf - Published Version

Download (457kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL TEXT- SILSI AFRI JANUWILIS-1914010064--.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan akhlak peserta didik yang tidak mencerminkan perilaku jujur dan adil meskipun telah memahami materi mengutamakan kejujuran dan menegakkan keadilan. Padahal jika pemahaman materi peserta didik baik, pasti akhlaknya juga baik. Karena, pemahaman menjadi salah satu proses pembentukan akhlak dan akan memberikan pengaruh dalam mengembangkan potensi peserta didik dalam melakukan perbuatan yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemahaman materi mengutamakan kejujuran dan menegakkan keadilan, dan akhlak peserta didik kelas IX di SMPN 1 Batang Anai serta apakah terdapat pengaruh pemahaman materi mengutamakan kejujuran dan menegakkan keadilan terhadap akhlak peserta didik kelas IX di SMPN 1 Batang Anai. Jenis penelitian ini adalah ex-post facto dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas IX yang beragama Islam di SMPN 1 Batang Anai T.A 2023-2024, berjumlah 232 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling berjumlah 70 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan angket. Teknik analisis data menggunakan korelasi product momen dan regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan tingkat pemahaman materi mengutamakan kejujuran dan menegakkan keadilan peserta didik kelas IX di SMPN 1 Batang Anai dengan nilai rata-rata 74.68 tergolong pada kategori sedang. Tingkat akhlak peserta didik kelas IX di SMPN 1 Batang Anai dengan nilai rata-rata 76.77 tergolong pada kategori sedang. Berdasarkan hasil pengolahan data dengan pengujian hipotesis penelitian menggunakan uji regresi linear sederhana, diperoleh hasil penelitian bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara pemahaman materi mengutamakan kejujuran dan menegakkan keadilan terhadap akhlak peserta didik kelas IX di SMPN1 Batang Anai yang ditunjukkan dengan nilai sig = 0.806 lebih besar dari 0.05 (0.806 > 0.05) dengan besar pengaruh hanya 0.1 % yang diperoleh dari nilai R square. Besar pengaruh tersebut tergolong dalam kategori sangat rendah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pemahaman materi, akhlak
Subjects: Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 12 Oct 2023 02:14
Last Modified: 12 Oct 2023 02:14
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/16202

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item