KUALITAS PELAYANAN PUBLIK KANTOR URUSAN AGAMA KECAMATAN RAMBATAN KABUPATEN TANAH DATAR

Sefli Maitedi, Maitedi Sefli (2023) KUALITAS PELAYANAN PUBLIK KANTOR URUSAN AGAMA KECAMATAN RAMBATAN KABUPATEN TANAH DATAR. Skripsi thesis, UIN IMAM BONJOL PADANG.

[img] Text (Sefli Maitedi, COVER - DAFTAR ISI)
cover dkk.pdf - Published Version

Download (611kB)
[img] Text (Sefli Maitedi, BAB I)
BAB 1 fiks tedi.pdf - Published Version

Download (345kB)
[img] Text (Sefli Maitedi, BAB III)
BAB 3 fiks tedi.pdf - Published Version

Download (267kB)
[img] Text (Sefli Maitedi, BAB V - DAFTAR PUSTAKA)
bab v- dftr pustaka.pdf - Published Version

Download (293kB)
[img] Text (Sefli Maitedi, FULL TEXT)
full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only until 9 October 2023.

Download (5MB)

Abstract

Kantor Urusan Agama (KUA) merupakan bagian dari instansi pemerintah daerah yang bertugas memberikan pelayanan kepada masyarakat. KUA sebagai ujung tombak Kementrian Agama dalam melayani masyarakat dibidang keagamaan harus memberikan pelayanan yang berkualitas.Namun di KUA Kec. Rambatan masih ada pegawai yang belum menguasai alat bantu pelayanan, pelayanan yang tidak tepat waktu yang menyebabkan produk layanan sering terlambat dari waktu yang ditetapkan sebelumnya. Hal tersebut yang membuat peneliti tertarik untuk meneliti lebih lanjut bagaimana kualitas pelayanan publik Kantor Urusan Agama Kecamatan Rambatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas pelayanan yang dilihat dari dimensi bukti fisik (tangible), kehandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance), empati (empathy) pada pelayanan publik Kantor Urusan Agama Kecamatan Rambatan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang menggunakan metode kualitatif dengan jenis deskriptif. Teknik yang digunakan dalam menentukan sumber data adalah snowball sampling yakni seluruh karyawan Pelayanan Publik Kantor Urusan Agama Kecamatan Rambatan dan sejumlah masyarakat. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan pada Pelayanan Publik Kantor Urusan Agama Kecamatan Rambatan sudah menetapkan indikator dari dimensi bukti fisik (tangible), kehandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance), dan empati (empathy) dengan baik. Namun ada beberapa indikator yang belum berjalan sesuai dengan teori antara lain kedisiplinan petugas dalam melayani, petugas yang belum ahli dalam bidangnya, pelayanan belum sepenuhnya dilakukan dengan cepat dan tepat, tidak adanya jaminan apapun terhadap layanan, masih ada pegawai yang tidak bisa membedakan kepentingan pribadi dengan pekerjaan, serta masih ada pegawai yang kurang menghargai pengguna layanan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kualitas, Pelayanan Publik, Kantor Urusan Agama
Subjects: U Umum (General)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Ruang Baca FDIK
Date Deposited: 09 Oct 2023 07:47
Last Modified: 09 Oct 2023 07:47
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/16179

Actions (login required)

View Item View Item