Pluralisme Agama Bagi Jurnalis Mahasiswa di Sumatera Barat (Terhadap lembaga Pers Mahasiswa Suara Kampus dan Surat Kabar Kampus Ganto)

Julta, Hungri Somi (2023) Pluralisme Agama Bagi Jurnalis Mahasiswa di Sumatera Barat (Terhadap lembaga Pers Mahasiswa Suara Kampus dan Surat Kabar Kampus Ganto). Skripsi thesis, Dakwah dan Ilmu Komunikasi.

[img] Text (COVER, PENGESAHAN PENGUJI, ABSTRAK)
Cover, dll-Hungri Somi Julta-1912010060.pdf - Published Version

Download (686kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I-Hungri Somi Julta-1912010060.pdf - Published Version

Download (394kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III-Hungri Somi Julta-1912010060.pdf - Published Version

Download (146kB)
[img] Text (BAB V DAN DAFTAR PUSTAKA)
BAB V dan Daftar Pustaka-Hungri Somi Julta-1912010060.pdf - Published Version

Download (251kB)
[img] Text (FULL TEXT)
Full Text-Hungri Somi Julta-1912010060.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

HUNGRI SOMI JULTA NIM: 1912010060 Judul Skripsi: Makna Pluralisme Agama Bagi Jurnalis Mahasiswa Sumatera Barat (Studi Lembaga Pers Mahasiswa Suara Kampus dan Surat Kabar Kampus Ganto), Skripsi ini merupakan tugas akhir mahasiswa Prodi Komunikasi Penyiaran Islam, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang. Pluralisme agama dapat dimaknai sebagai suatu sikap saling menghargai dan menerima perbedaan agama lain. Pluralisme agama menciptakan kehidupan yang harmonis antar agama yang berbeda-beda dalam satu komunitas dengan tetap mempertahankan ajaran agama masing-masing. Pemahaman pluralisme agama ini harus diwujubkan pada insan manusia untuk menciptakan lingkungan yang damai dan menjujung tinggi toleransi antar umat beragama. Pers mahasiswa berperan penting dalam mengkampanyekan isu-isu yang berhubungan dengan pluralisme agama tersebut. Karena pers mahasiswa merupakan bagian dari jurnalisme agama yang menjalankan empat pilar kebangsaan yaitu Pancasila, UUD tahun 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika. Oleh karena itu, pers mahasiswa harus memiliki pemahaman yang kuat tentang pluralisme agama agar dapat memberikan edukasi kepada mahasiswa dan masyarakat. Batasan masalah penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman pluralisme agama pada tataran ideologis dan tataran praktis pada jurnalis mahasiswa Sumatera Barat. Kemudian hambatan yang ditemui dalam pelaksanaan nilai-nilai pluralisme agama pada jurnalis mahasiswa tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik purposive sampling dan memakai teori interaksi simbolik. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara dan observasi langsung ke sekretariat LPM Suara Kampus UIN Imam Bonjol Padang dan SKK Ganto UN dalam bentuk wawancara, dokumentasi, dan analisis data di website suarakampus.com, ganto.co serta sosial media @suara_kampus dan @skkgantounp. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa jurnalis mahasiswa di Sumatera Barat khusus LPM Suara Kampus dan SKK Ganto mempunyai pemahaman yang sama akan pentingnya makna pluralisme agama pada jurnalis mahasiswa dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Namun, mereka belum sepenuhnya mampu mengimplementasikan makna pluralisme agama tersebut dalam aktivitas jurnalistik, meskipun mereka telah dibekali ilmu dan pelatihan terkait keberagaman dan toleransi. Hal itu disebabkan oleh faktor lingkungan dan personal individu setiap anggota.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pluralisme, Agama, Jurnalis
Subjects: U Umum (General)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Ruang Baca FDIK
Date Deposited: 09 Oct 2023 07:18
Last Modified: 09 Oct 2023 07:18
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/16164

Actions (login required)

View Item View Item