Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Negeri Percobaan Padang

Didik, Didik Mairizon (2018) Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Negeri Percobaan Padang. Masters thesis, Pascasarjana UIN Imam Bonjol.

[img] Text
00. Cover. Persetujuan. Abstrak.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
6. BAB I.pdf - Published Version

Download (328kB)
[img] Text
7. BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (433kB)
[img] Text
8. BAB III.pdf - Published Version

Download (147kB)
[img] Text
9. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (316kB)
[img] Text
10. BAB V.pdf - Published Version

Download (114kB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (177kB)
[img] Text
ZZ. GABUNGAN TESIS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Tesis ini berjudul “Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Negeri Percobaan Padang” yang disusun oleh Didik Mairizon, NIM. 088 16 2532 Program Studi Pendidikan Agama Islam Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang tahun 2018 Adanya gerakan nasional penguatan pendidikan karakter merupakan kelanjutan dan kesinambungan dari gerakan nasional pendidikan karakter bangsa tahun 2010 yang merupakan bagian integral dan turunan dari Nawacita pada butir ke delapan yaitu: Revolusi Karakter Bangsa. Program penguatan pendidikan karakter bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai pembentukan karakter bangsa secara masif dan efektif. Pengimplementasian nilai-nilai utama penguatan pendidikan karakter diharapkan dapat mengubah perilaku, cara berpikir dan cara bertindak sehingga generasi bangsa Indonesia menjadi lebih baik dan berintegritas. Sekolah Dasar Negeri Percobaan Padang merupakan salah satu dari sekian banyak Sekolah Dasar di Indonesia yang dipercayakan untuk mensukseskan gerakan nasional penguatan pendidikan karakter yang dicanangkan oleh Kementerian Pendidikan Kebudayaan melalui Direktur Pembinaan Sekolah Dasar, Direktorat Jenderal pendidikan Dasar dan Menengah dengan Surat Keputusan No.2869/D2/KP/2016 sehingga di Sumatera Barat Sekolah Dasar Negeri Percobaan Padang merupakan satu-satunya Sekolah Dasar Negeri yang bukan sekolah rujukan yang dipercayakan sebagai sekolah piloting Penguatan Pendidikan Karakter. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi penguatan pendidikan karakter berbasis kelas, berbasis budaya sekolah dan berbasis masyarakat di Sekolah Dasar Negeri Percobaan Padang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis deskriptif yaitu menggambarkan objek penelitian apa adanya. Sumber data adalah kepala sekolah, wakil-wakil kepala, pendidik, tenaga kependidikan, orang tua dan peserta didik di Sekolah Dasar Negeri Percobaan Padang. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Implementasi penguatan pendidikan karakter berbasis kelas, telah berjalan sesuai ketentuan yang ditetapkan melalui beberapa tahap, yaitu: pertama, pengintegrasian penguatan pendidikan karakter ke dalam kurikulum, melalui manajemen kelas, melalui pemilihan dan penggunaaan metode pembelajaran, melalui pembelajaran tematis. (2) Implementasi penguatan pendidikan karakter berbasis budaya sekolah di Sekolah Dasar Negeri Percobaan Padang dapat dilihat pada dua tempat yaitu budaya dalam kelas dan luar kelas. Budaya dalam kelas dapat dilihat berupa pembiasaan nilai-nilai religius seperti: berdo’a sebelum belajar kemudian dilanjutkan dengan membaca surat-surat pilihan serta pembiasaan shalat sunnah Dhuha 15 menit sebelum jam istirahat serta selalu bersyukur ketika akan menutup pembelajaran. Pembiasaan nilai-nilai nasionalis seperti:, menyanyikan lagu Indonesia raya setiap akan memulai pembelajaran dan lagu-lagu daerah ketika akan pulang sekolah. Pembiasaan nilai-nilai mandiri seperti: peserta didik melakukan kegiatan literasi 10 menit sebelum pembelajaran dan dalam proses pembelajaran dilatih untuk berani tampil dan memancing kreativitas peserta didik. Pembiasaan nilai-nilai gotong-royong seperti: peserta didik dilatih bekersama dalam proses pembelajaran serta pembiasaan nilai-nilai integritas seperti : peserta didik terbiasa disiplin dalam kelas, , jujur dalam bertindak, bertanggung jawab dan selalu memberikan keteladanan. Budaya di luar kelas dapat dilihat berupa pembiasaan nilai religius dalam kegiatan dakwah mentari pagi setiap hari jum’at. Pembiasaan nilai-nilai nasionalis berupa upacara bendera setiap hari senin dan lagu-lagu wajib nasional setiap hari rabu pagi. Pembiasaan nilai-nilai mandiri berupa peserta didik membuat karya kemudian dipajang di galeri dan mading sekolah. Pembiasaan nilai-nilai gotong-royong berupa peserta didik melakukan kegiatan ASAH BATU (Ambil Sampah Alamku Hijau Bahagia Hatiku) setiap selesai berbaris di lapangan sekolah dalam rangka menjaga kebersihan lingkungan sekolah. Pembiasaan nilai-nilai integritas berupa pendisiplinan peserta didik untuk datang tepat waktu, bertanggung jawab menjaga lingkungan sekolah. (3) Implementasi penguatan pendidikan karakter berbasis masyarakat berupa belajar di museum Adityawarman yang dilakukan oleh kelas V dengan tema “Peninggalan Benda-Benda Bersejarah dan Budaya Alam Minangkabau”. Kegiatan berbasis masyarakat juga dilakukan parenting education yaitu salah seorang dari orang tua kelas VI yang berprofesi sebagai dokter penyakit kulit mengajar di kelas pada tema penyakit menular. Kegiatan berbasis masyarakat berikutnya mengadakan kelas inspirasi dengan mendatangkan pihak kepolisian dalam rangka penyuluhan tertib berlalu lintas dan bahaya penyalah gunaan narkoba.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: U Umum (General)
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S2 Pendidikan Agama Islam s2pai
Date Deposited: 19 Jul 2018 02:02
Last Modified: 19 Jul 2018 02:02
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/1614

Actions (login required)

View Item View Item