Mutiara, Naselsha (2023) Pengaruh Penerapan Metode Brainstorming Terhadap Hasil Belajar IPS pada Siswa Kelas VIII Smp N 17 Padang. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.
Text (COVER)
COVER NASELSHA MUTIARA 1914090016.pdf - Published Version Download (3MB) |
|
Text (BAB I)
SKRIPSI BARU RARA I-V bab 1.pdf - Published Version Download (228kB) |
|
Text (BAB III)
SKRIPSI BARU RARA I-V bab 3.pdf - Published Version Download (452kB) |
|
Text (BAB V)
SKRIPSI BARU RARA I-V bab 5 - Copy - Copy.pdf - Published Version Download (213kB) |
|
Text (Naselsha_Fulltext)
Naselsha_Fulltext.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar IPS siswa yang masih rendah dan proses pembelajaran masih belum optimal karena penggunaan metode pembelajaran masih kurang efektif. Selanjutnya siswa masih banyak yang belum memahami akan materi yang disampaikan oleh pendidik. Hasil belajar siswa masih tergolong rendah dibuktikan dengan masih banyak yang belum mencapai KKM yang telah ditetapkan sekolah yaitu 70. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengatasi rendahnya hasil belajar tersebut adalah menggunakan metode Brainstrorming pada mata pelajaran IPS. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui gambaran hasil pre-test kelas eksperimen pada mata pelajaran IPS kelas VIII SMPN 17 Padang. (2) Untuk mengetahui gambaran hasil pre-test kelas kontrol pada mata pelajaran IPS kelas VI SMPN 17 Padang. (3) Untuk mengetahui gambaran hasil post-test kelas eksperimen pada mata pelajaran IPS kelas VIII SMPN 17 Padang. (4) Untuk mengetahui gambaran hasil post-test kelas kontrol pada mata pelajaran IPS kelas VIII SMPN 17 Padang. (5) Untuk mengetahui pengaruh penerapan Metode Brainstrorming Terhadap Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas VIII SMPN 17 Padang. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dengan rancangan yang digunakan adalah nonquivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII SMPN 17 Padang tahun ajaran 2022/2023. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Random Sampling, kelas yang dipilih sebagai kelas eksperimen adalah VIII.G dan kelas kontrol adalah kelas VIII.H. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai pre-test hasil belajar IPS kelas eksperimen adalah 55,7, rata-rata nilai pre-test hasil belajar IPS kelas kontrol adalah 54,7, rata-rata nilai post-test hasil belajar IPS kelas eksperimen adalah 87,1, dan rata-rata nilai post-test hasil belajar IPS kelas kontrol adalah 76,1. Berdasarkan uji hipotesis dengan SPSS Versi 26 diperoleh signifikan α dalam dua sisi (2-tailed) sebesar = 0,000, maka diambil kesimpulan bahwa (0,000 < 0,05). Oleh karena itu dapat dikatakan Ha diterima, artinya terdapat Pengaruh Penerapan Metode Brainstrorming Terhadap Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas VIII SMPN 17 Padang.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | metode brainstorming,hasil belajar,ips |
Subjects: | U Umum (General) > Ilmu Sosial U Umum (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPS |
Depositing User: | Ruang Baca FTK 1 |
Date Deposited: | 06 Feb 2024 07:17 |
Last Modified: | 06 Feb 2024 07:17 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/16106 |
Actions (login required)
View Item |