Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Aplikasi Wordwall Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas V SD Dian Andalas Padang

Delia, Ramisa (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Aplikasi Wordwall Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas V SD Dian Andalas Padang. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (COVER, LEMBAR PENGESAHAN, PERSETUJUAN PEMBIMBING, SURAT PERNYATAAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR GAMBAR, DAFTAR LAMPIRAN)
cover dll.pdf - Published Version

Download (799kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (634kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III (1).pdf - Published Version

Download (599kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (432kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
abstrak - selesai_merged.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Judul skripsi ini adalah “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Aplikasi Wordwall Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas V SD Dian Andalas Padang Tahun Ajaran 2023/2024” ditulis oleh Ramisa Delia NIM 1914070028 Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya penggunaan media pembelajaran, serta pembelajaran yang bersifat monoton yang mana pembelajaran di sekolah kebanyakan hanya menggunakan buku cetak dan LKS saja. Tujuan pengembangan media wordwall ini adalah (1) Untuk mengetahui media interaktif berbasis wordwall terhadap hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran matematika pada kelas V SD Dian Andalas Padang, (2) Untuk mengetahui validitas media interaktif berbasis wordwall terhadap hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran matematika pada kelas V SD Dian Andalas Padang, (3) Untuk mengetahui praktikalitas media interaktif berbasis wordwall terhadap hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran matematika pada kelas V SD Dian Andalas Padang Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model 4D yang terdiri dari tahapan Pendefenisian (Define), Perancangan (Design), Pengembangan (Development) dan Penyebaran (Disseminate). Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu angket validasi, angket praktikalitas dan tes unjuk kerja. Uji validasi media pembelajaran diberikan kepada 3 orang validator ahli dinilai dari aspek bahasa, aspek media dan aspek materi. Uji praktikalitas diberikan kepada 1 orang pendidik dan 24 peserta didik di SD Dian Andalas Padang kelas V. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kriteria media pembelajaran interaktif berbasis aplikasi wordwall valid dan praktis, dengan rata-rata penilaian validitas ahli media, ahli materi dan ahli bahasa sebesar 84,60% dengan kategori sangat valid. Sedangkan rata-rata Praktikalitas dari pendidik dan peserta didik terhadap media interaktif berbasis aplikasi wordwall sebesar 86,33% dengan kategori sangat praktis. Jadi ditarik kesimpulan bahwa media wordwall terhadap hasil belajar dikategorikan sangat valid dan sangat praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: wordwall, hasil belajar, pengembangan
Subjects: U Umum (General) > Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 01 Feb 2024 07:12
Last Modified: 01 Feb 2024 07:18
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/16088

Actions (login required)

View Item View Item