Implementasi Murabahah Program Tepat Pembiayaan Syariah Kelompok Desa Kampung Baru Kecamatan Sungai Geringging Kabupaten Padang Pariaman Dalam Perspektif Fiqh Muamalah

Rakhmawati, Suci (2023) Implementasi Murabahah Program Tepat Pembiayaan Syariah Kelompok Desa Kampung Baru Kecamatan Sungai Geringging Kabupaten Padang Pariaman Dalam Perspektif Fiqh Muamalah. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI IMAM BONJOL PADANG.

[img] Text (Suci Rakhmawati 1913040075 (cover dll))
Suci Rakhmawati NIM 1913040075 (COVER dll).pdf - Published Version

Download (3MB)
[img] Text (Suci Rakhmawati 1913040075 (BAB I))
Suci Rakhmawati NIM 1913040075(BAB I).pdf - Published Version

Download (934kB)
[img] Text (Suci Rakhmawati 1913040075 (BAB III))
Suci Rakhmawati NIM 1913040075(BAB Ill).pdf - Published Version

Download (627kB)
[img] Text (Suci Rakhmawati 1913040075 (BAB V dan Daftar pustaka))
Suci Rakhmawati NIM 1913040075(BAB V dan DFTR PSTKA).pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Suci Rakhmawati 1913040075 (FULL TEXT))
Suci Rakhmawati NIM 1913040075(FULL TEXT).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

Penulisan skripsi ini dilatarbelakangi dengan adanya perbedaan antara ketentuan pelaksanaan murabahah dengan yang terjadi pada nasabah Program Tepat Pembiayaan Syariah Kelompok Desa Kampung Baru, Kecamatan Sungai Geringging, Kabupaten Padang Pariaman. Adapun yang menjadi pertanyaan penelitian penulisan ini adalah: Pertama, Bagaimana mekanisme pelaksanaan Program Tepat Pembiayaan Syariah Kelompok Desa Kampung Baru, Kecamatan Sunagai Geringging? Kedua, Bagaimana implementasi murabahah Program Tepat Pembiayaan Syariah Kelompok Desa Kampung Baru Kecamatan Sungai Geringging. Untuk menjawab pertanyaan penelitian tersebut, penulis melakukan penelitian lapangan (field research) dengan bertemu langsung dengan informan penelitian. Adapun teknik yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu teknik wawancara dan dokumentasi. Kemudian data yang digunakan berupa data primer dan data sekunder. Kemudian data yang sudah terkumpul diolah dan di analisis dengan teknik deskriptif kualitatif. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan sebagai berikut: Pertama, bahwa mekanisme pelaksanaan dari Program Tepat Pembiayaan Syariah oleh Kelompok Desa Kampung Baru terdapat enam tahap. Tahap pertama pengajuan pembiayaan oleh calon nasabah, tahap kedua sosialisasi oleh pembina sentra, tahap ketiga evaluasi dan survey ke tempat nasabah, tahap keempat pemberian pelatihan dari pihak bank, tahap kelima analisis persetujuan pembiayaan oleh pihak bank dan tahap keenam pemberian pembiayaan oleh pihak bank. Mekanisme pelaksanaan dari Program Tepat Pembiayaan Syariah ditinjau dari teori pembiayaan sudah sesuai dengan proses-proses pembiayaan. Kedua, dalam mengimplementasikan murabahah sebagai nasabah yang sesuai dengan tujuan Program Tepat Pembiayaan Syariah untuk membantu keluarga pra/sejahtera mengembangkan usaha oleh nasabah Kelompok Desa Kampung Baru belum tepat sasaran. Hal ini dapat dilihat dari cara pengimplementasian dana oleh nasabah Kelompok Desa Kampung Baru tersebut kurang memahami dalam menggunakan dana pembiayaan yang diberikan oleh pihak bank sesuai dengan akad/perjanjian saat pemberian pembiayaan serta kurangnya sikap transparan dan kejujuran nasabah dalam menggunakan dana pembiayaan tersebut. Menurut Kitab Mukhtassar Shahih Muslim jika dalam jual beli, penjual dan pembeli tidak berlaku jujur dan tidak menerangkan barang yang diperjualbelikan, maka berkah dalam jual beli itu akan dihapus atau hilang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Murabahah, Program, Pembiayaan
Subjects: Agama Islam > Fiqih (Hukum Islam) > Mu'amalah
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Ruang Baca Fakultas Syariah
Date Deposited: 09 Oct 2023 04:38
Last Modified: 12 Oct 2023 02:47
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/16069

Actions (login required)

View Item View Item