Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa Pada Pembelajaran IPS Di SMPN 1 Kecamatan Mungka

Oktavia, Zesi (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa Pada Pembelajaran IPS Di SMPN 1 Kecamatan Mungka. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI IMAM BONJOL PADANG.

[img] Text (COVER)
Cover Zesi Oktavia.pdf - Published Version

Download (4MB)
[img] Text (BAB I)
SKRIPSI ZESI OKTAVIA (I-V) bab 1.pdf - Published Version

Download (630kB)
[img] Text (BAB III)
SKRIPSI ZESI OKTAVIA (I-V) bab 3 - Copy - Copy.pdf - Published Version

Download (768kB)
[img] Text (BAB V)
SKRIPSI ZESI OKTAVIA (I-V) bab 5 - Copy - Copy.pdf - Published Version

Download (333kB)
[img] Text (FULLTEXT)
SKRIPSI BAB (I-V) FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan sosial siswa dan proses pembelajaran masih terpusat pada guru. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah tersebut adalah menerapkan model pembelajaran cooperative learning tipe STAD. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui keterampilan sosial siswa pada mata pelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran konvensional di kelas VIII SMPN 1 Kecamatan Mungka, 2) Untuk mengetahui keterampilan sosial siswa pada mata pelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe STAD di kelas VIII SMPN 1 Kecamatan Mungka, 3) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Cooperative Learning tipe STAD untuk meningkatkan keterampilan sosial siswa IPS di kelas VIII SMP N 1 Kecamatan Mungka. Jenis penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperiment dengan rancangan nonequivalent kontrol group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 1 Kecamatan Mungka. Pengambilan sampel yang digunakan adalah Simple Random Sampling. Teknik analisis datanya berupa teknik analisis kuantitatif. Untuk mengetahui uji hipotesis menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) sebelum diterapkan model pembelajaran cooperative learning tipe STAD hasil Pre Test keterampilan sosial siswa kelas eksperimen pada mata pelajaran IPS kelas VIII.2 di SMPN 1 Kecamatan Mungka rata-rata berkisar pada interval 57-69 dan berada pada kategori rendah. 2) Dengan diterapkannya model pembelajaran cooperative learning tipe STAD ini dapat meningkatkan keterampilan sosial siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII.2 SMPN 1 Kecamatan Mungka. 3) Ini dapat dilihat dari pengaruh model pembelajaran cooperative learning tipe STAD. Hasil Post Test keterampilan sosial siswa kelas eksperimen pada mata pelajaran IPS kelas VIII.2 di SMPN 1 Kecamatan Mungka rata-rata yaitu berkisar pada interval 79-88 dan berada pada kategori tinggi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka dapat diketahui bahwa penelitian ini telah berhasil memberikan peningkatan pada keterampilan sosial siswa kelas VIII SMPN 1 Kecamatan Mungka. Jadi kesimpulan yang diperoleh adalah penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe STAD memberikan keterampilan sosial siswa yang lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran metode ceramah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: model cooperative learning tipe STAD,keterampilan sosial
Subjects: U Umum (General) > Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPS
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 16 Oct 2023 02:07
Last Modified: 16 Oct 2023 02:07
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/16026

Actions (login required)

View Item View Item