Pengembangan Buku Komik Fisika Menggunakan Manga Studio E.X 5.0 Untuk Siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Padang

Dewi Fithri Yohana, Dewi (2018) Pengembangan Buku Komik Fisika Menggunakan Manga Studio E.X 5.0 Untuk Siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Padang. Skripsi thesis, UIN IB PADANG.

[img] Text
COVER SKRIPSI_ABSTRAK.pdf

Download (570kB)
[img] Text (BAB 2)
BAB 1_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (295kB)
[img] Text
Full Gabungan.pdf

Download (16MB)

Abstract

Dewi Fithri Yohana, 1314080347, Pengembangan Buku Komik Fisika Menggunakan Manga Studio E.X 5.0 Siswa Kelas XI MAN 2 Padang. Skripsi: Tadris IPA Konsentrasi Fisika Program Sarjana Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang, 2018. Mempelajari fisika berarti memecahkan serta menemukan mengapa dan bagaimana peristiwa itu terjadi. Kegiatan pembelajaran pada umumnya hanya berpusat pada guru dan buku sebagai sumber belajar, dan juga buku – buku pelajaran saat ini bersifat verbalistik. Sehingga membuat siswa kurang memahami pelajaran karena kalimat yang digunakan kaku dan kurang komunikatif Materi fisika yang bersifat abstrak sebagian besar sulit untuk divisualisasikan sehingga menyebabkan peserta didik kesulitan dalam menelaah konsep-konsep fisika yang bersifat abstrak. Hal ini yang membuat peserta didik beranggapan bahwa fisika menjadi sulit dan membosankan. Pendidik belum memiliki cukup kemampuan dalam membuat media pembelajaran yang lebih inovatif, ditambah lagi dengan keterbatasan waktu yang dimiliki oleh pendidik dalam membuat media pembelajaran. Usaha untuk mengatasi setiap permasalahan dalam pembelajaran fisika seiring dengan perubahan teknologi informasi dan komunikasi akan memberikan arti tersendiri bagi pendidik dengan peserta didik. Salah satunya dengan mengembangkan media pembelajaran fisika berupa buku komik fisika menggunakan Manga Studio E.X 5.0 pada materi Suhu dan kalor untuk siswa kelas XI Madrasah Aliyah Negei (MAN) 2 Padang yang valid, praktis dan efektif sehingga layak digunakan dalam pembelajaran fisika. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan menggunakan model 4-D mulai dari tahap pendefenisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop), dan tahap penyebaran (disseminate). Buku saku fisika dengan tampilan komik ini diuji validitasnya oleh 1 orang ahli bahasa, 2 orang ahli materi, 2 orang ahli media, diuji praktikalitasnya oleh 2 orang pendidik fisika dan 15 orang peserta didik serta diuji efektifitasnya oleh 36 orang peserta didik. Instrumen yang digunakan berupa angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) buku komik fisika sangat valid menurut 5 validator dengan nilai rata-rata 85,88%. (2) buku komik fisika sangat praktis dari segi isi, sajian, manfaat, dan peluang penggunaan media pembelajaran menurut 2 pendidik fisika dengan nilai rata-rata 84,16% sedangkan menurut 15 peserta didik kelas XI MAN 2 Padang dengan perolehan nilai rata-rata 82,77%. (3) buku komik fisika efektif digunakan menurut 36 peserta didik kelas XI MAN 2 Padang dengan nilai rata-rata 75%. Berdasarkan hasil perolehan data menunjukkan bahwa buku komik fisika menggunakan Manga Studio E.X 5.0 valid, praktis dan efektif digunakan dalam pembelajaran fisika kelas XI di MAN 2 Padang. kata kunci : komik, medis pembelajaran,penelitian dan pengembangan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPA
Depositing User: Users 30 not found.
Date Deposited: 25 Jul 2018 01:56
Last Modified: 25 Jul 2018 01:56
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/1602

Actions (login required)

View Item View Item