Pengaruh Religiusitas Dan Pengetahuan Etika Bisnis Islam Terhadap Perilaku Pedagang (Studi Kasus Pada Pedagang Pasar Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman)

Rahmasari, Rini (2023) Pengaruh Religiusitas Dan Pengetahuan Etika Bisnis Islam Terhadap Perilaku Pedagang (Studi Kasus Pada Pedagang Pasar Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman). Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (BAB 1)
RINI RAHMASARI_1816010026_BAB I.pdf - Published Version

Download (588kB)
[img] Text (BAB 3)
RINI RAHMASARI_1816010026_BAB 3.pdf - Published Version

Download (669kB)
[img] Text (BAB 5 DAN DAPUS)
RINI RAHMASARI_1816010026_BAB 5 DAN DAPUS.pdf - Published Version

Download (489kB)
[img] Text (COVER)
RINI RAHMASARI_1816010026_COVER.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (FULL TEXT)
RINI RAHMASARI_1816010026_FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Mayoritas pedagang di pasar Lubuk Alung beragama Islam, sebagai seorang Muslim hendaknya senantiasa berpedoman kepada ajaran Islam dalam Al-Qur’an dan Sunnah, termasuk dalam berdagang. Namun, pada kenyataannya masih dijumpai beberapa pedagang yang masih berbuat curang dalam menjual barang dagangannya seperti menimbang tidak pas dan sebagainya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah religiusitas dan pengetahuan etika bisnis islam berpengaruh terhadap terhadap perilaku pedagang di pasar Lubuk Alung secara parsial dan simultan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi berjumlah 400 pedagang dan sampel yang diambil sebanyak 80 pedagang dengan menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada responden. Hasil dari penelitian ini adalah secara parsial religiusitas berpengaruh positif signifikan terhadap perilaku pedagang dengan t hitung > t tabel (6,404 > 1.991). Pengetahuan etika bisnis islam juga berpengaruh positif terhadap perilaku pedagang dengan nilai t hitung > t tabel (2,487 > 1.991). Secara simultan religiusitas dan pengetahuan etika bisnis islam berpengaruh signifikan terhadap perilaku pedagang. Hal ini dilihat dari nilai Fhitung > f tabel (46,133 > 3,12). Berdasarkan uji R2 pengaruh yang diberikan oleh variabel kedua variabel independen terhadap perilaku pedagang adalah 54,5%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lainnya di luar penelitian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: religiusitas, etika bisnis islam, perilaku pedagang
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Ruang Baca FEBI
Date Deposited: 12 Oct 2023 07:30
Last Modified: 12 Oct 2023 07:31
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/16018

Actions (login required)

View Item View Item