Hubungan Bystandert Effect Dengan Perilaku Prososial pada Siswa Madrasah Aliyah Negeri 1 Barus Tapanuli Tengah

Syafira, Tania (2023) Hubungan Bystandert Effect Dengan Perilaku Prososial pada Siswa Madrasah Aliyah Negeri 1 Barus Tapanuli Tengah. Skripsi thesis, Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama.

[img] Text (BAB I)
Tania syafira.NIM 1815040026. BAB 1.pdf - Published Version

Download (411kB)
[img] Text (BAB III)
Tania Syafira. NIM 1815040026. BAB III.pdf - Published Version

Download (654kB)
[img] Text (BAB V)
Tania Syafira. NIM 1815040026.BAB 5.pdf - Published Version

Download (305kB)
[img] Text (cover)
TANIA SYAFIRA. NIM 1815040026.Full teks-cover.pdf - Published Version

Download (940kB)
[img] Text (full text)
TANIA SYAFIRA. NIM 1815040026.Full teks.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi yang berjudul “Hubungan Bystander Effect dengan Perilaku Prososial pada Siswa Madrasah Aliyah Negeri 1 Barus Tapanuli Tengah” disusun oleh Tania Syafira, NIM 1815040026, Program Studi Psikologi Islam Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. Penelitian dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan yang seringkali terjadi pada siswa di sekolah, salah satunya adalah bullying, Banyaknya siswa yang tidak memiliki rasa kepedulian atau menolong terhadap siswa lain. Mereka kurang peduli pada korban bullying tersebut. Hal ini terjadi, adanya bystander effect yang dimiliki oleh siswa. Mereka lebih menontonnya dari pada melerai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara bystander effect dengan perilaku prososial pada siswa Madrasah Aliyah Negeri 1 Barus Tapanuli Tengah. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Instrument penelitian menggunakan dua skala yaitu bystander effect yang berjumlah 20 aitem dan perilaku prososial 33 aitem. Populasi pada penelitian ini berjumlah 472 siswa Madrasah Aliyah Negeri 1 Barus Tapanuli Tengah, sedangkan sampel penelitian berjumlah 217 siswa. Sampel ditentukan dengan menggunakan teknik stratified random sampling. Hasil penelitian menunjukkan kategorisasi bystander effect berada pada kategori rendah dengan persentase sebesar 63% atau sebanyak 136 dari 217 siswa. Sedangkan kategorisasi perilaku prososial juga berada pada kategori rendah dengan persentase sebesar 56% atau sebanyak 122 dari 217 siswa. Hasil uji hipotesis bernilai signifikansi sebesar 0,000 dan nilai koefisien korelasi sebesar 0,689 artinya hipotesis diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara bystander effect dengan perilaku prososial pada siswa di Madrasah Aliyah Negeri 1 Barus Tapanuli Tengah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bystander effect, perilaku prososial, siswa
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama > Psikologi Islam
Depositing User: Ruang Baca FUSA
Date Deposited: 13 Dec 2023 03:31
Last Modified: 13 Dec 2023 03:31
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/16008

Actions (login required)

View Item View Item