PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN (PJOK) BERBASIS APLIKASI VLOGNOW (VN) PADA MATERI KEBUGARAN JASMANI KELAS III SDN 42 KAMBANG HARAPAN KABUPATEN PESISIR SELATAN

Yuliani, Nesti (2023) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN (PJOK) BERBASIS APLIKASI VLOGNOW (VN) PADA MATERI KEBUGARAN JASMANI KELAS III SDN 42 KAMBANG HARAPAN KABUPATEN PESISIR SELATAN. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (739kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (720kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (447kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
Skripsi Nesti Yuliani Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya penggunaan Media Pembelajaran yang digunakan oleh pendidik, kurang kreatifnya pendidik dalam penggunaan Media Pembelajaran, pendidik hanya menggunakan buku cetak dan LKS, peserta didik yang mudah bosan dalam proses pembelajaran, serta waktu pembelajaran PJOK dalam seminggu sedikit. Hal ini menyebabkan hasil belajar peserta didik di bawah KKM. Solusi dari masalah tersebut peneliti mengembangkan sebuah produk media video pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui validitas media video berbasis aplikasi VlogNow(VN) pada materi kebugaran jasmani kelas III SDN 42 Kambang Harapan dan praktikalitas media video pembelajaran PJOK mengunakan aplikasi VlogNow(VN) pada Materi Kebugaran Jasmani Kelas III SDN 42 Kambang Harapan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan menggunakan model pengembangan 4D yang terdiri dari tahapan Define, Design, Development, dan Disseminate. Tetapi pada penelitian ini tahapan Disseminate tidak dilakukan karena keterbatasan waktu dan pelaksanaanya. Subjek dari penelitian ini adalah validator ahli media, ahli materi/isi, ahli bahasa, 1 orang pendidik dan 18 orang peserta didik kelas III SDN 42 Kambang Harapan. Instrumen penilaian yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar validasi serta angket yang diberikan kepada ahli media, ahli materi/isi, ahli bahasa, pendidik dan peserta didik. Jenis data yang dihasilkan adalah data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan Media Video Pembelajaran PJOK Berbasis Aplikasi VlogNow(VN) pada materi kebugaran jasmani kelas III SD yang sangat valid (92,69%) dan sangat praktis (93,57%). Dengan kelayakan media (97,32%), kelayakan materi (93,75%) dan kelayakan bahasa (87%). Saran dari penulis untuk penelitian ini yaitu: (1) Media Pembelajaran PJOK Mengunakan aplikasi VlogNow(VN) pada Materi Kebugaran Jasmani Kelas III SDN 42 Kambang Harapan dapat dikembangkan oleh pendidik pada pembelajaran lainnya agar pembelajaran lebih bermakna. (2) Sebaiknya pengembangan Media Pembelajaran mengunakan aplikasi VlogNow(VN) ini selalu ditingkatkan agar pembelajaran semakin bervariasi dan menarik sehingga dapat meningkatkan hasil belajar dan rasa ingin tahu peserta didik dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PENGEMBANGAN, MEDIA PEMBELAJARAN, VLOGNOW(VN), PJOK
Subjects: U Umum (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 31 Jan 2024 08:42
Last Modified: 31 Jan 2024 08:43
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/16001

Actions (login required)

View Item View Item