Pemberdayaan Orang Tua Dalam Menanggulangi Sikap Negatif Sosial Anak Dari Dampak Penggunaan Gadget Di Desa Pelayangan Kecamatan MUara Tembesi Kabubaten Batang Hari

Husna, Hapizotul (2023) Pemberdayaan Orang Tua Dalam Menanggulangi Sikap Negatif Sosial Anak Dari Dampak Penggunaan Gadget Di Desa Pelayangan Kecamatan MUara Tembesi Kabubaten Batang Hari. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover-Pengesahan-Persetujuan Pembimbing-Kata Pengantar-Daftar Isi)
Cover-Hapizotul Husna-1912040031.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I- Skripsi-Hapizotul Husna-1912040031)
BAB I-Hapizotul Husna-1912040031.pdf - Published Version

Download (487kB)
[img] Text (BAB III-Skripsi-Hapizotul Husna-1912040031)
BAB III-Hapizotul Husna-1912040031.pdf - Published Version

Download (109kB)
[img] Text (BAB V-Daftar Pustaka-Skripsi-Hapizotul Husna-1912040031)
BAB V-Hapizotul Husna-1912040031.pdf - Published Version

Download (322kB)
[img] Text (Full Text Skripsi-Hapizotul Husna-1912040031)
Fulltext-Skripsi-Hapizotul Husna-1912040031.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Skripsi ini menjelaskan pemberian gadget pada anak yang tidak ada pendampingan oleh orang tua dalam pengawasan penggunaan gadget, menyebabkan dapat kurangnya interaksi sosial dan aktivitas fisik yang dibutuhkan dalam perkembangan anak. Oleh karena itu pendampingan orang tua sangat penting pada proses tumbuh kembang anak dimana anak belajar menguasai tingkat yang lebih tinggi dari aspek-aspek: gerakan, berpikir, emosional, dan interaksi baik dengan sesama maupun dengan benda-benda dalam lingkungan hidupnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemberdayaan orang tua dalam menaggulangi sikap negatif sosial anak dari dampak penggunaan gadget, serta mengetahui peran orang tua terhadap pengawasan penggunaan gadget di Desa Pelayangan Kecamatan Muara Tembesi Kabubaten Batang Hari. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Informan dalam penelitian ini adalah orang tua yang memiliki anak usi prasekolah (4-6 tahun). Pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi, langkah dalam pengolahan data yang dilakukan yaitu, pengumpulan data, reduksi data, analisis data, dan penarikan kesimpulan. Hasil akhir dalam penelitian ini mengenai pemberian pengetahuan dan penyadaran dalam menanggulangi sikap negati sosial anak dari dampak penggunaan gadget serta peningkatan intelektual orang tua dalam menegtahui sikap negatif sosial anak dari dampak penggunaan gadget yaitu: pertama, (a) membimbing dan melatih tanggung jawab, (b) pengendalian dalam penggunaan gadget pada anak, (c) bersikap tegas dan disiplin, (d) perbanyak aktivitas anak, ajarkan sikap sosial dalam kehidupan sehari-hari. Kedua, (a) sikap ketergantungan yang dilakukan berulang-ulang, (b) tumbuh kembang anak menjadi terhambat, (c) kemampuan sosial anak yang berkurang, (d) mempengaruhi perilaku sosial anak kearah yang negatif seperti sudah tidak peka terhadap lingkungan disekitarnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan, Sikap Sosial, gadget
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Ruang Baca FDIK
Date Deposited: 09 Oct 2023 04:01
Last Modified: 09 Oct 2023 04:01
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/15996

Actions (login required)

View Item View Item