Penerapan Model Pembelajaran The Flipped Classroom Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kolaboratif Peserta Didik Kelas XI SMA N 1 Padang Gelugur

Kurnia Putri, Wiwin (2023) Penerapan Model Pembelajaran The Flipped Classroom Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kolaboratif Peserta Didik Kelas XI SMA N 1 Padang Gelugur. Skripsi thesis, FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN.

[img] Text (ABSTRAK)
HALAMAN DEPAN WIWIN BENAR.pdf - Published Version

Download (597kB)
[img] Text (BAB I)
BAB 1 WIWIN.pdf - Published Version

Download (619kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III WIWIN.pdf - Published Version

Download (743kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V WIWIN.pdf - Published Version

Download (447kB)
[img] Text (FULl TEXT)
Wiwin Kurnia Putri. NIM 1914080009. Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis dan kemampuan kolaboratif peserta didik. Hal ini disebabkan peserta didik kurang didorong untuk mengembangkan kemampuan berpikir mereka dan belajar di kelas hanya diarahkan untuk menghafal informasi tanpa dituntut untuk mengerti apa yang mereka ingat. Faktor lainnya adalah penerapan model pembelajaran yang kurang inovatif dan kurang berpusat pada peserta didik serta alokasi waktu yang sedikit saat kegiatan sehingga menjadi faktor penghambat peserta didik untuk memahami pembelajaran. Salah satu cara cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran The Flipped Claassroom. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan berpikir kritis dan kolaboratif peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran The Flipped Classroom dan dengan model pembelajaran saintifik di kelas XI IPA SMA N 1 Padang Gelugur. Jenis penelitian ini adalah eksperimen-semu (quasy exsperimental reaserch) dengan counteer balance design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA SMA 1 Padang Gelugur tahun ajaran 2022/2023 yaitu 168 peserta didik terdiri dari 5 kelas dengan teknik pengambilan sampel adalah random sampling. Sampel yang terpilih sebagai kelas ekperimen adalah kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal tes untuk kemampuan berpikir kritis dengan analisis data yang digunakan yaitu uji-t dan kemampuan kolaboratif menggunakan lembar observasi dengan analisis data yang digunakan yaitu analisis persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis di kelas XI IPA 1 mengalami peningkatan yang sebelumnya 72,114 (menggunakan model saintifik) menjadi 84,45 (mengunakan model The Flipped Classroom) sedangkan pada kelas XI IPA 2 mengalami penurunan yang sebelumnya 81,54 (menggunakan model The Flipped Classroom) menjadi 79,771 (mengunakan model saintifik). Berdasarkam uji t pada signifikan 5% didapatkan nilai t hitung kedua kelas (2,92 dan 2,02) lebih tinggi dari t tabel (1,99) sehingga hipotesis model The Flipped Classroom lebih baik dari model saintifik diterima. Selain itu hasil uji kemampuan kolaboratif peserta didik pada model Flipped Classroom pada kelas XI IPA 1 (74,8%) dan pada kelas XI IPA 2 (71,9%) berada pada kategori baik. Jadi penerapan model pembelajaran The Flipped Classroom memberikan pengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis dan kolaboratif peserta didik di kelas XI SMA N 1 Padang Gelugur.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran The Flipped Classroom, kemampuan berpikir kritis, kemampuan kolaboratif
Subjects: Agama Islam
U Umum (General) > Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPA
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 09 Oct 2023 02:07
Last Modified: 12 Oct 2023 01:30
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/15991

Actions (login required)

View Item View Item