ANALISIS TES STANDAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VIII SMP N 1 SUNGAI TARAB SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2016/2017

ferdian, ferdy (2018) ANALISIS TES STANDAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VIII SMP N 1 SUNGAI TARAB SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, UIN IB Padang.

[img] Text (cover, persetujuan pembimbing dan abstark)
Cover, persetujuan pembimbing dan abstrak.pdf - Published Version

Download (555kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (686kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (608kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (350kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (171kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (264kB)
[img] Text (skripsi gabung)
SKRIPSI GABUNG FERDIAN.pdf - Published Version

Download (12MB)

Abstract

“ANALISIS TES STANDAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VIII SMP N 1 SUNGAI TARAB SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2016/2017” Abstrak Permasalah penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya nilai hasil ujian peserta didik kelas VIII SMP N 1 Sungai Tarab pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam semester genap tahun ajaran 2016/2017, yaitu dari 148 siswa hanya 42,6% diantaranya yang mencapai nilai standar yaitu ≥ 76, sedangkan 57,4% lainnya belum mencapai nilai yang diharapkan. Maka berdasarkan fenomena tersebut, penulis ingin mengetahui apakah hal ini disebabkan oleh tes standar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang diujikan kepada peserta didik belum memenuhi kriteria sebagai soal yang baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya beda tes soal standar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIII SMP N 1 Sungai Tarab semester genap tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini adalah penelitian yang bersifat deskriptif kuantitatif, peneliti hanya melakukan analisis data dengan perhitungan secara statistik, kemudian menginterpretasikan dan mendeskripsikan hasil perhitungan analisis data dari segi validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya beda. Instrumen dalam penelitian ini terdiri dari lembar jawaban siswa berjumlah 80 lembar, 2 rangkap soal ujian mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIII SMP N 1 Sungai Tarab semester genap tahun ajaran 2016/2017 paket A dan paket B beserta kunci jawaban, dengan jumlah soal 50 butir. Dalam penelitian ini data diolah secara manual dengan menggunakan aplikasi Microsoft Excel 2007. Teknik analisis data untuk validitas soal menggunakan rumus korelasi point biserial, reliabilitas soal menggunakan rumus Formula Kuder Richardson (KR20), tingkat kesukaran dan daya beda soal menggunakan perhitungan secara statistik. Dari hasil analisis data penelitian maka diketahui bahwa sebanyak 56% atau 28 butir soal tidak valid dan 44% atau 22 soal dinyatakan valid, dengan reliabilitas soal termasuk kategori belum memiliki reliabilitas yang tinggi (unreliable)karena memiliki koefesien 0,40. Tingkat kesukaran soal menunjukkan 60% soal termasuk kategori tingkat kesukaran mudah/rendah dan 40% soal termasuk tingkat kesukaran sedang/cukup. Daya beda soal menunjukkan 10% butir soal kategori sangat jelek, 46% butir soal kategori jelek, 42% butir soal kategori sedang dan 2% butir soal kategori baik. Berdasarkan gambaran hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa tes soal standar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIII SMP N 1 Sungai Tarab semester genap tahun ajaran 2016/2017 masih perlu perbaikan dan masih harus direvisi lagi. Kata kunci:validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dayabeda

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 25 not found.
Date Deposited: 05 Nov 2018 08:05
Last Modified: 05 Nov 2018 08:06
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/1599

Actions (login required)

View Item View Item