Pengembangan Media Pembelajaran PALIKAPIN (Papan Lingkaran Kantong Pintar) Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Kelas V Dalam Pembelajaran IPA MIS Jami'atul Huda Mungo Kabupaten Lima Puluh Kota

Nisa'i, Zahrati (2023) Pengembangan Media Pembelajaran PALIKAPIN (Papan Lingkaran Kantong Pintar) Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Kelas V Dalam Pembelajaran IPA MIS Jami'atul Huda Mungo Kabupaten Lima Puluh Kota. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (cover)
cover Zahrati Nisa'i 1914070080.pdf - Published Version

Download (798kB)
[img] Text (Bab 1)
Bab 1 Zahrati Nisa'i 1914070080.pdf - Published Version

Download (305kB)
[img] Text (Bab 3)
Bab 3 Zahrati Nisa'i 1914070080.pdf - Published Version

Download (373kB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (441kB)
[img] Text (full teks)
Zahrati Nisa’i_1914070080_fullteks.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya media pembelajaran yang telah dikembangkan oleh peneliti sebelumnya berupa media roda berputar dan media pakapin. Tetapi belum dikaitkan dengan motivasi belajar peserta didik. Hal ini berdampak pada tingkat motivasi peserta didik yang belum merata dalam proses pembelajaran. Upaya untuk mengatasi masalah tersebut peneliti mengembangkan media PALIKAPIN terhadap motivasi belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media PALIKAPIN (papan lingkaran kantong pintar) terhadap motivasi belajar peserta didik pada kelas V dalam pembelajaran IPA pada Tema 1 Subtema 1 dalam materi Organ Gerak Hewan di MIS Jami’atul Huda Mungo Kabupaten Lima Puluh Kota. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Research and development (R&D), dengan menggunakan model 4D yang terdiri dari 3 tahapan, yaitu Pendefinisian (Define), Perancangan (Design), Pengembangan (Develop) dan Penyebaran (Disseminate). Instrumen yang digunakan pada penelitian ini, yaitu angket validasi, angket dan Praktikalitas, angket. Uji Validasi media PALIKAPIN diberikan kepada 4 orang validator ahli dinilai dari aspek bahasa, materi dan media. Uji praktikalitas diberikan kepada 1 orang pendidik dan 9 orang peserta didik di MIS Jami’tul Huda dari aspek efesien waktu, kemudahan penggunaan, manfaat media PALIKAPIN. Uji efektivitas diberikan kepada 9 orang peserta didik di MIS Jamia’atul Huda dinilai dari aspek motivasi belajar peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan media PALIKAPIN valid, praktis, dan efektif. Media PALIKAPIN dinyatakan valid dari segi bahasa, materi, dan media diperoleh nilai rata-rata 90,41% dengan kategori sangat valid. Kepraktisan media PALIKAPIN oleh pendidik dan peserta didik diperoleh nilai rata-rata 96,25% dengan kategori sangat praktis. Keefektifan media PALIKAPIN dilihat angket motivasi belajar diperoleh nilai rata-rata 90,5%. Untuk keefektifan soal tes berdasarkan indikator motivasi belajar diperoleh rata-rata 82,7 % pada tema 1 subtema 1 organ gerak pada hewan dan manusia dengan kategori sangat efektif. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media PALIKAPIN (papan lingkaran kantong pintar) dapat memotivasi belajar peserta didik pada kelas V dalam pembelajaran tematik dikategorikan sangat valid, sangat praktis, sangat efektif. Kata kunci: PALIKAPIN Media, Motivasi Belajar, Pembelajaran IPA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PALIKAPIN, Motivasi Belajar, Pembelajaran IPA
Subjects: U Umum (General) > Pendidikan
U Umum (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 01 Feb 2024 07:10
Last Modified: 01 Feb 2024 07:12
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/15936

Actions (login required)

View Item View Item