Metode Pemberian tugas oleh guru kelas VII dalam pembelajaran PAI di SMPN 3 Sungai Limau Kabupaten Padang Pariaman

AUDINA, MIA (2018) Metode Pemberian tugas oleh guru kelas VII dalam pembelajaran PAI di SMPN 3 Sungai Limau Kabupaten Padang Pariaman. Skripsi thesis, UIN IMAM BONJOL PADANG.

[img]
Preview
Text (cover)
cover, persetujuan pembimbing dan abstrak.pdf - Published Version

Download (372kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (349kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (619kB)
[img]
Preview
Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version

Download (322kB) | Preview
[img] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (287kB)
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB V baru.pdf - Published Version

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR KEPUSTAKAAN.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img] Text (FULL PDF)
full skripsi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul “Metode Pemberikan Tugas Oleh Guru Kelas VII dalam Pembelajaran PAI di SMPN 3 Sungai Limau Kabupaten Padang Pariaman”. Disusun oleh Mia Audina NIM 1314010765, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Imam Bonjol Padang. Penulisan skripsi ini dilatarbelakangi oleh bahwa belum seluruh siswa mengerjakan tugas dengan baik, ada 4 orang dari 21 peserta didik yang tidak mengumpulkan tugas pada waktu yang telah disepakati, ada satu orang peserta didik salah mengumpulkan tugas yang diberikan guru dia malah mengumpulkan tugas mata pelajaran yang lain. Itu sudah terlihat bahwa peserta didik tidak fokus dan tidak teliti dalam mengerjakan tugas yang diberikan guru. Hal ini memicu guru PAI untuk melakukan berbagai upaya untuk memilih metode yang tepat dalam menyampaikan materi ajar. Salah satu caranya adalah melalui metode pemberian tugas yang dapat menumbuhkan keaktifan peserta didik dalam pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana Metode pemberian Tugas oleh guru kelas Vll dalam pembelajaran PAI di SMPN 3 Sungai Limau Kabupaten Padang Pariaman?”Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan metode pemberian tugas, evaluasi serta kendala yang ditemui dalam metode pemberian tugas oleh guru kelas VII dalam pembelajaran PAI di SMPN 3 Sungai Limau Kab. Padang Pariaman. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Sumber data menggunakan sumber data primer yaitu guru PAI, Sumber data sekunder yaitu kepala sekolah dan peserta didik SMPN 3 Sungai Limau Kab. Padang Pariaman. Untuk mendapatkan data penulis menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul kemudian di olah dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa pertama perencanaan yang dilakukan oleh guru adalah menentukan materi yang akan diajarkan, merancang pelaksanaan metode pemberian tugas, guru membuat RPP dan bentuk bentuk tugas yang diberikan. Kedua di dalam Pembelajaran guru menggunakan metode pemberian tugas di dalam kelas dan di luar kelas seperti membaca materi di rumah, mengisi LKS, mencari materi di internet, membuat klipping dan tugas membuat peta konsep. Ketiga yaitu evaluasi yang dilakukan oleh guru dalam pelaksanaan metode pemberian tugas pada pembelajaran PAI yaitu untuk mengukur kemampuannya guru sudah memberikan tugas seperti membaca materi di rumah, mengisi LKS dan mencari materi di internet, apabila peserta didik tidak mencapai KKM guru akan mengadakan remedial. Keempat kendala yang ditemui guru dalam pelaksanaan metode pemberian tugas yaitu: Ada beberapa peserta didik yang tidak mengumpulkan tugas pada waktu yang telah disepakati, kurangnya sarana dan prasarana dalam pelaksanaan metode pemberian tugas seperti buku di perpustakaan serta jaringan internet yang tidak dapat menunjang pelaksanaan metode pemberian tugas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 25 not found.
Date Deposited: 05 Nov 2018 08:07
Last Modified: 05 Nov 2018 08:15
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/1589

Actions (login required)

View Item View Item