Pengaruh Pengetahuan Muzzaki, Akuntabilitas Dan Transparansi Pengelolaan Zakat Terhadap Minat Membayar Zakat Pada Badan Amil Zakat nasional Kota Padang

Amelia fitri, Ima (2023) Pengaruh Pengetahuan Muzzaki, Akuntabilitas Dan Transparansi Pengelolaan Zakat Terhadap Minat Membayar Zakat Pada Badan Amil Zakat nasional Kota Padang. Skripsi thesis, FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM.

[img] Text (BAB I)
BAB I REPOSITORY.pdf - Published Version

Download (682kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III REPOSITORY.pdf - Published Version

Download (813kB)
[img] Text (BAB V- DAFTAR PUSTAKA)
BAB V - DAFTAR PUSTAKA REPOSITORY.pdf - Published Version

Download (615kB)
[img] Text (Cover-Daftar Isi)
REPOSITORY (1) COVER-DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (Fulltext)
BAB 1-5 repository_fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (36MB)

Abstract

Adapun pembahasan dalam penelitian ini adalah BAZNAS Kota Padang, BAZNAS Kota Padang belum maksimal dalam menetapkan prinsip akuntabilitas pengelolaan dana zakat yaitu tidak adanya publikasi melalui media personal. BAZNAS Kota Padang juga belum maksimal dalam melaksanakan prinsip transparansi yaitu pertama belum adanya website BAZNAS untuk melihat informai dan laporan keuangannya. Kedua belum adanya publikasi neraca melalui media cetak atau elektronik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pengetahuan Muzzaki, Akuntabilitas Dan Transparansi Pemgelolaan Zakat Terhadap Minat Muzakki Membayar Zakat. Metode Penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah calon muzakki yang berminat membayar zakat pada Badan Amil Zakat Kota Padang. Metode Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Non Purposive Sampling yaitu menggunakan rumus yang dikemukakan oleh Lamesshow dengan jumlah sampel yang diperoleh yaitu 100 sampel. Data yang dikumpulkan dengan menyebarkan kuisioner kepada muzakki yang wajib zakat dan berminat membayar zakat pada BAZNAS kota Padang. Pengelolaan data dilakukan dengan menggunakan software SmartPLS versi 3.2.9. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan muzakki berpengaruh signifikan terhadap minat muzakki membayar zakat. Akuntabilitas pengelolaan zakat berpengaruh signifikan terhadap minat muzakki membayar zakat. Transparansi pengelolaan zakat tidak berpengaruh signifikan terhadap minat muzakki membayar zakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan Muzakki, Akuntabilitas Pengelolaan Zakat, Transparansi Pengelolaan Zakat, Minat Muzakki.
Subjects: Agama Islam > Fiqih (Hukum Islam) > Pengelola Zakat
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Ruang Baca FEBI
Date Deposited: 10 Oct 2023 04:05
Last Modified: 12 Oct 2023 09:00
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/15889

Actions (login required)

View Item View Item