Penerapan Media Realia Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Tematik Kelas V MIN 6 Kota Padang

Syafriyeni, Suci (2023) Penerapan Media Realia Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Tematik Kelas V MIN 6 Kota Padang. Skripsi thesis, FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN.

[img] Text (Cover-Daftar Lampiran)
Cover-Daftar Lampiran (1).pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (501kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf - Published Version

Download (690kB)
[img] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf - Published Version

Download (345kB)
[img] Text (Skripsi Full)
Skripsi Full (2).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik kelas V MIN 6 Kota Padang, yaitu salah satunya disebabkan oleh media pembelajaran yang belum dapat mengaktifkan dan melibatkan langsung peserta didik, pendidik lebih sering menggunakan media gambar dalam pembelajaran, dimana dalam pembelajarannya didominasi oleh kegiatan pendidik (teacher centered learning). Hal tersebut dapat menyebabkan aktivitas belajar peserta didik turun dan hasil belajar peserta didik masih belum memenuhi KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Hal ini terlihat dari pencapaian KKM yang telah ditetapkan madrasah yaitu 75. Oleh karena itu, perlu diterapkannya penggunaan media realia dalam pembelajaran tematik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan media realia terhadap aktivitas dan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik kelas V MIN 6 Kota Padang. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan rancangan yang digunakan adalah counterbalanced design. Populasi dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas V-A dan V-B MIN 6 Kota Padang. Sampel yang dibutuhkan adalah seluruh peserta didik yang ada pada populasi (total sampling). Instrumen pengumpulan data dilakukan dengan tes dan observasi. Teknik analisis data dilakukan dengan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan SPSS 20. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata aktivitas belajar peserta didik kelas media realia 94,03 sedangkan rata-rata aktivitas belajar kelas media gambar 77,24. Dan rata-rata hasil belajar kognitif kelas media realia 85,61 dan rata-rata nilai kelas media gambar 79,22. Persentase ketuntasan belajar peserta didik di kelas media realia 83,59% sedangkan pada kelas media gambar 65,68%. Berdasarkan uji hipotesis dengan SPSS versi 20 diperoleh dalam dua sisi (2-tailed) yaitu 0,003 < 0,05 sehingga dapat dikatakan Ha diterima dan H0 ditolak. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang berarti antara aktivitas dan hasil belajar kognitif peserta didik dalam pembelajaran tematik terpadu kelas V MIN 6 Kota Padang sebelum dan sesudah menggunakan media realia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Realia, Aktivitas, dan Hasil Belajar Peserta Didik
Subjects: U Umum (General) > Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Depositing User: Ruang Baca FTK 2
Date Deposited: 12 Oct 2023 09:15
Last Modified: 12 Oct 2023 09:15
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/15873

Actions (login required)

View Item View Item