Implementasi Penugasan Berbasis Vlog Oleh Guru Pada Pembelajaran Sejarah Indonesia Di Kelas X Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) 4 Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Padang.

Aura Fitriani, Tiara (2023) Implementasi Penugasan Berbasis Vlog Oleh Guru Pada Pembelajaran Sejarah Indonesia Di Kelas X Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) 4 Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Padang. Skripsi thesis, FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN.

[img] Text (Cover)
Tiara Aura Fitriani. NIM 1914090068. Cover DLL.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
Tiara Aura Fitriani. NIM 1914090068. BAB I.pdf - Published Version

Download (390kB)
[img] Text (BAB III)
Tiara Aura Fitriani. NIM 1914090068. BAB III.pdf - Published Version

Download (178kB)
[img] Text (BAB V & Daftar Pustaka)
Tiara Aura Fitriani. NIM 1914090068. BAB V & Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (173kB)
[img] Text (Full Text)
Tiara Aura Fitriani NIM 1914090068 (Skripsi Full Text).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (24MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh keingin tahuan peneliti dalam penugasan berbasis vlog pada pembelajaran Sejarah Indonesia di Madrasah Aliayah Negeri (MAN) 2 Kota Padang. Vlog atau video blogger merupakan kegiatan blogging dengan menggunakan media audio visual dan salah satu bentuk presentasi diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perencanaan, implementasi, serta kelebihan dan kekurangan dari penugasan berbasis vlog pada pembelajaran Sejarah Indonesia di kelas X Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) 4 Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Padang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data primer yang digunakan yaitu wakil kurikulum, guru bidang studi Sejarah, dan peserta didik Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Padang. Sedangkan sumber data sekunder diperoleh melalui tenaga tata usaha (TU) yang meliputi profil sekolah, visi, misi, tujuan, dan kurikulum Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Padang. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengolahan data pada penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi data. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa pertama, pada kegiatan perencanaan komponen RPP yang digunakan telah sesuai dengan aturan Permendikbud nomor 14 tahun 2019 tentang penyususnan RPP yang terdiri dari: identitas sekolah, kompetensi inti, kompetensi dasar, tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, sumber belajar, langkah-langkah pembelajaran, dan penilaian. Kedua, Implementasi penugasan terdiri dari kegiatan pendahuluan yang meliputi: orientasi, apersepsi, dan motivasi. Pada kegiatan inti yaitu: guru memberikan tugas dan peserta didik mengerjakan tugas, sedangkan pada kegiatan penutup peserta didik mempresentasikan hasil penugasan untuk dinilai guru. Ketiga, kelebihan dari penugasan berbasis vlog yaitu dapat meningkatkan kreatifitas, menumbuhkan rasa tanggung jawab, dan melatih kekompakkan anatara peserta didik. Sedangkan kekurangan dari penugasan berbasis vlog adalah membutuhkan waktu yang cukup lama dalam pembuatan vlog, sulitnya mengumpulkan anggota kelompok untuk pembuatan vlog, dan peserta didik kurang menguasai teknologi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penugasan, Media Pembelajaran, Vlog
Subjects: U Umum (General) > Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPS
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 11 Dec 2023 07:32
Last Modified: 19 Jan 2024 07:37
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/15867

Actions (login required)

View Item View Item