Pemanfaatan Media Wayang Kardus Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah (Studi Di MAN 2 Kota Padang)

Wafid, Fitri Humairah (2023) Pemanfaatan Media Wayang Kardus Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah (Studi Di MAN 2 Kota Padang). Skripsi thesis, FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN.

[img] Text (Cover, Surat Pernyataan, Persetujuan Pembimbing, Pengesahan Tim Penguji Munaqasyah, Abstrak, Kata Pengantar, Daftar isi.)
Fitri Humairah Wafid. NIM 1914090050. Cover DLL.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
Fitri Humairah Wafid. NIM 1914090050. BAB I.pdf - Published Version

Download (687kB)
[img] Text (BAB III)
Fitri Humairah Wafid. NIM 1914090050. BAB III.pdf - Published Version

Download (516kB)
[img] Text (BAB V & Daftar Pustaka)
Fitri Humairah Wafid. NIM 1914090050. BAB V & DaftarPustaka.pdf - Published Version

Download (288kB)
[img] Text (Full Text)
Fitri Humairah Wafid Nim 1914090050 (Skripsi Full Text).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (32MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Pemanfaatan Media Wayang Kardus Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah (Studi Di MAN 2 Kota Padang)” disusun oleh Fitri Humairah Wafid NIM. 1914090050 Program Studi Tadris IPS Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang tahun 1445 H/2023 M. Penelitian ini dilatar belakangi oleh keinginan tahuan peneliti dalam memanfaatkan media pembelajaran wayang kardus yang ada di MAN 2 Kota Padang. Media wayang kardus adalah media yang menggunakan alat peraga atau alat pembelajaran yang digunakan guru dalam menyampaikan materi yang digerakan dengan tangan dan berbentuk sebuah gambar, jenis media ini mampu memberikan pengalaman belajar yang lebih baik. Pemanfaatan media pembelajaran wayang kardus didasari adanya masalah rendahnya pemahaman belajar peserta didik dalam proses pembelajaran yang menyebabkan peserta didik kurang aktif dalam memperhatikan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan media pembelajaran wayang kardus, pemahaman siswa dengan memanfaatkan media wayang kardus, kelebihan dan kekurangan media wayang kardus pada pembelajaran sejarah peminatan kelas XII IPS di MAN 2 Kota Padang. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Metode kualitatif ini merupakan penelitian yang mencari kebenaran melalui cara-cara yang alami, natural. Menggunakan studi kasus karena dalam penelitian, peneliti menekankan pada penjelasan kasus, yakni pemanfaatan media wayang kardus pada mata pelajaran Sejarah di MAN 2 Kota Padang (Studi di MAN 2 Kota Padang). Data yang didapatkan dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi kemudian dianalisa dengan demikian, secara umum penelitian ini dilakukan dengan proses perencanaan, pengumpulan data, analisis data, dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Pemanfaatan dan pelaksanaan media pembelajaran wayang kardus di MAN 2 Kota Padang sudah cukup baik hal tersebut terjadi karena bisa dilihat dari siswa yang aktif dan kreatif dalam pelaksanaan pembelajaran menggunakan media wayang kardus. Implikasi pemanfaatan media wayang kardus di MAN 2 kata Padang yaitu mampu mengembangkan motivasi belajar siswa khususnya pada mata pelajaran Sejarah Peminatan sehingga siswa dapat dengan mudah memahami pelajaran tersebut. Kelebihan dan kekurangan dari pemanfaatan media pembelajaran wayang kardus di MAN 2 Kota Padang tentu memiliki kendala yang dihadapi yaitu masalah teknis dalam pelaksanaan yang berdampak pada waktu pembelajaran namun hal tersebut bisa disiasi oleh pendidik dengan melakukan persiapan pemanfaatan media wayang kardus sebelum jam pembelajaran dimulai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media pembelajan, Wayang kardus, Pemahaman siswa.
Subjects: U Umum (General) > Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPS
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 11 Dec 2023 07:56
Last Modified: 13 Dec 2023 14:49
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/15866

Actions (login required)

View Item View Item