Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien di Rumah Singgah Pasien (RSP) Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) Sumatera Barat

Rifandra, Bima Rizki (2023) Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien di Rumah Singgah Pasien (RSP) Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) Sumatera Barat. Skripsi thesis, FAKULTAS DAKWAH DAN ILMU KOMUNIKASI.

[img] Text (COVER, ORISINALAN, PERSETUJUAN, PENGESAHAN)
COVER, ORISINALAN, PERSETUJUAN, PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (668kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (742kB)
[img] Text (BAB V- DAFTAR PUSTAKA)
BAB V- DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (391kB)
[img] Text (FULL TEXT 1)
FULL TEXT 1.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi untuk melihat gambaran pengaruh kualitas pelayanan dari lembaga tertentu yang dinilai dari tingkat kepuasan yang didapatkan oleh pelanggan. Jika semakin baik kualitas suatu pelayanan yang diberikan, maka akan meningkatkan rasa kepuasan pelanggan. Dalam penelitian ini penulis menemukan bahwa kualitas pelayanan di Rumah Singgah Pasien IZI Sumatera Barat belum sepenuhnya mampu memberikan pelayanan yang baik kepada pasien atau pelanggannya dan berimbas kepada kepuasan yang dirasakan oleh pelanggan tersebut. Hal ini dapat dilihat dari bagaimana pelayanan yang diberikan kepada pasien atau pelanggan. Tujuan penelitian ini ialah untuk membuktikan secara empiris bagaimana pengaruh faktor kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien di Rumah Singgah Pasien IZI Sumatera Barat. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, karena dianggap relevan untuk mendeskripsikan permasalahan yang terjadi di lapangan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dengan menggunakan teknik simple random sampling yang menggunakan perhitungan rumus dengan rumus slovin. Jumlah populasi dalam penelitian ini sebanyak 51 orang. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan untuk mendapatkan data. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan kuesioner. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan angket tertutup, yaitu angket di mana responden hanya memilih jawaban yang sudah disediakan dengan menggunakan skala likert yaitu responden hanya memberikan persetujuan atau tidak setuju saja. Penjelasan dari variabel kualitas pelayanan Rumah Singgah Pasien IZI Sumatera Barat bahwa dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan yaitu nilai mean atau rata-rata yaitu 86,84 dengan nilai standar deviasi 10.138. untuk nilai kepuasan statistik faktor kepuasan pasien yaitu nilai mean atau rata-rata 77,90 dengan nilai standar deviasi 10,360. Hasil uji hipotesis dengan menggunakan koefesiensi determinasi didapat hasil sebesar 0,605 atau 60,5%. Sisanya sebesar 40,5% diperoleh oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hal ini berarti ada pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien di Rumah Singgah IZI Sumatera Barat. Dan juga dapat dilihat dari analisa hipotesa menggunakan uji t menunjukkan bahwa nilai signifikasi 0,000 < 0,05. thitung= 8,672 > ttabel= 2,010, maka Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat dijelaskan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara kualitas pelayanan dengan kepuasan pasien.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: KUALITAS PELAYANAN DAN KEPUASAN PASIEN
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Ruang Baca FDIK
Date Deposited: 09 Oct 2023 08:34
Last Modified: 09 Oct 2023 08:34
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/15857

Actions (login required)

View Item View Item