Putri, Tania Septia (2023) Hubungan Pola Asuh dengan Perilaku Asertif pada Siswa di SMAN 13 Padang. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.
Text (Cover dll)
Tania Septia Putri-1915040088-PI-Cover Dll.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (950kB) | Request a copy |
|
Text (BAB I)
Tania Septia Putri-1915040088-PI-BAB I.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (428kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
Tania Septia Putri-1915040088-PI-BAB III.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (434kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
Tania Septia Putri-1915040088-PI-BAB V dan Daftar Pustaka.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (256kB) | Request a copy |
|
Text (Fulltext)
Tania Septia Putri-1915040088-PI-Fulltext.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh remaja yang tidak berperilaku asertif seperti sering mengikut-ikuti teman baik itu dalam bersikap, berpendapat maupun berperilaku di lingkungan pergaulannya. Hal ini terlihat di lingkungan SMAN 13 Padang, ketika proses belajar di kelas masih ada siswa yang tidak mau untuk bertanya dalam proses pembelajaran. Bukan hanya itu siswa/i yang bolos, merokok disebabkan karena ajakan teman dan merasa tidak enak hati atau takut untuk menolak permintaan temannya. Pola asuh dipandang sebagai salah satu faktor yang mengatasi masalah pada perilaku asertif yang terjadi didalam diri anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pola asuh dengan perilaku asertif pada siswa di SMAN 13 Padang. Manfaat penelitian ini meminimalisir efek negatif yang timbul ketika anak tidak berperilaku asertif. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan analisis korelasi. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 280 siswa kelas XI di SMAN 13 Padang. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling dengan sampel sebanyak 165 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dua skala sebagai alat ukur yaitu skala pola asuh dan skala perilaku asertif. Berdasarkan hasil kategorisasi didapatkan hasil bahwa kategori pola asuh dan perilaku asertif kelas XI tinggi. Sesuai dengan hasil penelitian berdasarkan nilai pearson correlation variabel pola asuh dengan perilaku asertif sebesar 0.592 dengan signifikansi 0.000. Hasil tersebut menunjukkan bahwa adanya hubungan positif yang signifikan antara variabel pola asuh dengan perilaku asertif, artinya semakin tinggi pola asuh siswa maka semakin tinggi perilaku asertif sebaliknya semakin rendah pola asuh siswa maka semakin rendah pula perilaku asertif pada siswa. Kata kunci: pola asuh, perilaku asertif
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pola asuh, perilaku asertif |
Subjects: | U Umum (General) > Pendidikan U Umum (General) > Ilmu Sosial > Psikologi Anak Didik, Psikologi Murid, Psikologi Siswa, Psikologi Pelajar |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama > Psikologi Islam |
Depositing User: | Ruang Baca FUSA |
Date Deposited: | 02 Feb 2024 02:10 |
Last Modified: | 02 Feb 2024 03:13 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/15828 |
Actions (login required)
View Item |