Analisis praktek kerja sama pada koperasi ditinjau dari fiqih muamalah (studi kasus koperasi mahasiswa universitas Islam negeri imam Bonjol Padang)

Rahmaddi, R (2023) Analisis praktek kerja sama pada koperasi ditinjau dari fiqih muamalah (studi kasus koperasi mahasiswa universitas Islam negeri imam Bonjol Padang). Skripsi thesis, Universitas Islam negeri imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover dll)
Cover dll.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (582kB)
[img] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Published Version

Download (417kB)
[img] Text (Bab v)
BAB V.pdf - Published Version

Download (424kB)
[img] Text (Full text skripsi)
Full Teks Rahmaddi 01 SKRIPSI (1).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi keselarasan koperasi dengan konsep ekonomi syari’ah yakni persaudaraan, keadilan bersama, prinsip dan manfaat, prinsip mashlahah, sementara itu koperasi merupakan kerja sama dengan prinsip-prinsip keanggotaan bersifat sukarela dan terbuka, pengelolaan secara demokrasi, pembagian sisa hasil usaha dilakukan secara adil dan seimbang dengan jasa usaha masing-masing anggota, pemberian balas jasa terbatas terhadap modal. Penelitian ini bertujuan mengetaui praktek kerja sama pada koperasi ditinjau dari fiqih muamalah (studi Kasus Koperasi Mahasiswa Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang), dengan rumusan masalah yaitu “Bagaimana praktek kerja sama pada koperasi ditinjau dari fiqih muamalah (studi Kasus Koperasi Mahasiswa Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang)?”. Adapun pertanyaan penelitian adalah: (1) Bagaimana praktek kerja sama pada koperasi ditinjau dari fiqih muamalah di Koperasi Mahasiswa Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang.? (2) Bagaimana bentuk praktek syirkah pada koperasi ditinjau dari fiqih muamalah di Koperasi Mahasiswa Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang.? Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan memilih informan penelitian yaitu penggurus Koperasi Mahasiswa Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. Hasil penelitian ini menunjukan: (1) Praktek kerja sama pada Koperasi Mahasiswa Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang ialah perserikatan harta untuk dijadikan modal bersama dan keuntungan sebanding dengan jumlah masing-masing simpanan yang disertakan. (2) Bentuk praktek syirkah pada Koperasi Mahasiswa Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang ialah syirkah inan dan sesuai dengan rukun dan syarat syirkah inan dalam fiqih muamalah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Agama Islam > Fiqih (Hukum Islam) > Mu'amalah
Agama Islam > Fiqih (Hukum Islam) > Hukum Perjanjian dalam Islam
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Ruang Baca Fakultas Syariah
Date Deposited: 09 Oct 2023 07:40
Last Modified: 12 Oct 2023 04:51
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/15804

Actions (login required)

View Item View Item