Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Civitas Akademika Pesantren Dalam Memilih Belanja E-commerce (Studi Kasus Pondok Pesantren Perkampungan MinangKabau

Nurhaliza, Nurhaliza (2023) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Civitas Akademika Pesantren Dalam Memilih Belanja E-commerce (Studi Kasus Pondok Pesantren Perkampungan MinangKabau. Masters thesis, PROGRAM PASCA SARJANA.

[img] Text (Cover, Pengesahan, Persetujuan Pembimbing, kata pengantar, Daftar isi)
Nurhaliza. NIM 2120030005. Bagian Depan.pdf - Published Version

Download (654kB)
[img] Text (BAB I)
Nurhaliza. NIM 2120030005. BAB 1.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
Nurhaliza. NIM 2120030005. BAB 3.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB V-DAFTAR PUSTAKA)
Nurhaliza. NIM 2120030005. BAB 5.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (FULL TEXT)
Nurhaliza. NIM 2120030005. Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penetrasi pengguna internet di Indonesia pada saat pandemi mencapai 73,7%, pengguna internet di Indonesia hingga kini mencapai 82 juta orang. Hal itu menjadikan banyak perusahaan berlomba-lomba membuat layanan e-commerce yang berkualitas agar dapat dipercaya oleh konsumen sehingga membuat orang semakin mencaritahu tentang informasi aplikasi tersebut pada akhirnya memunculkan keputusan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi Perilaku Konsumen Civitas Akademika Pesantren dalam memilih belanja e-commerce. Populasi dalam penelitian ini adalah staf dan guru di Pondok Pesantren Perkampungan Minangkabau di Kota Padang yang telah menggunakan 5 e-commerce teratas yaitu Tokopedia, Shopee, Lazada, Bukalapak, Bibli. Populasi dalam penelitian ini adalah staf dan guru di Pondok Pesantren Perkampungan Minangkabau. Ukuran sampel menggunakan rumus slovin sejumlah 100 sampel. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Accidental sampling dan teknik analisis data yang digunakan adalah SEM (Structural Equation Model) dengan Smart-PLS. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Niat Perilaku dan Use Behavior sebagai variabel endogen, dan ekspektasi kinerja, ekspektasi usaha, pengaruh sosial, kondisi fasilitas sebagai variabel eksogen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel ekspektasi Usaha dan pengaruh sosial secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat perilaku pada e-commerce di Pondok Pesantren Perkampungan Minangkabau. Variabel niat perilaku secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap use behavior pada e-commerce di Pondok Pesantren Perkampungan Minangkabau.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Perilaku Konsumen,UTAUT
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Program Pascasarjana > Program Magister > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Pusat Riset Pascasarjana
Date Deposited: 12 Oct 2023 01:49
Last Modified: 12 Oct 2023 01:49
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/15796

Actions (login required)

View Item View Item