Determinan Loyalitas dan Minat Beli Ulang Konsumen Muslim Pada Marketplace di Kota Padang

Siregar, Suryani Musanna (2023) Determinan Loyalitas dan Minat Beli Ulang Konsumen Muslim Pada Marketplace di Kota Padang. Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI IMAM BONJOL PADANG.

[img] Text (Cover, Pengesahan, Persetujuan Pembimbing, Kata Pengantar, Daftar Isi)
Suryani Musanna Siregar. NIM 2120030002. Bagian Depan.pdf - Published Version

Download (556kB)
[img] Text (BAB I)
Suryani Musanna Siregar. NIM 2120030002. BAB 1.pdf - Published Version

Download (4MB)
[img] Text (BAB III)
Suryani Musanna Siregar. NIM 2120030002. BAB 3.pdf - Published Version

Download (4MB)
[img] Text (BAB V - Daftar Pustaka)
Suryani Musanna Siregar. NIM 2120030002. BAB 5.pdf - Published Version

Download (4MB)
[img] Text (Full Text)
Suryani Musanna Siregar. NIM 2120030002. Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Marketplace yang berkembang di Indonesia yang merupakan negara dengan mayoritas muslim didominasi oleh marketplace yang memiliki sistem dual, di mana berjalan dengan sistem konvensional dan syariah secara bersamaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat determinan loyalitas dan minat beli ulang yang dimediasi oleh kepuasan konsumen muslim di Kota Padang. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen muslim Kota Padang yang telah menggunakan 5 marketplace teratas yaitu Tokopedia, Shopee, Bukalapak, Lazada dan Blibli. Ukuran sampel menggunakan perhitungan yang diperkenalkan Hair yaitu 5 x 33 indikator = 165 sampel yang kemudian akan dibulatkan menjadi 200 sampel. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan teknik analisis datang yang digunakan adalah SEM (Structural Equation Model) dengan Smart-PLS. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah loyalitas dan minat beli ulang sebagai variabel endogen, religiusitas, perceived usefulness, perceived ease of use, kepercayaan dan citra merek sebagai variabel eksogen, dan kepuasan sebagai variabel mediasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel perceived ease of use dan kepuasan kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen muslim pada marketplace di Kota Padang. Variabel religiusitas, perceived usefulness dan citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli ulang konsumen muslim pada marketplace di Kota Padang. variabel perceived usefulness, perceived ease of use dan kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen muslim pada marketplace di Kota Padang. Variabel perceived ease of use dan kepercayaan melalui kepuasan konsumen memiliki hubungan full mediation terhadap minat beli ulang konsumen muslim pada marketplace di Kota Padang. variabel perceived usefulness melalui kepuasan konsumen memiliki hubungan partial mediation terhadap minat beli ulang konsumen muslim pada marketplace di Kota Padang.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Loyalitas, Minat Beli Ulang, Kepuasan
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Agama Islam > Sosial dan Budaya Islam > Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
Divisions: Program Pascasarjana > Program Magister > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Pusat Riset Pascasarjana
Date Deposited: 21 Dec 2023 03:01
Last Modified: 21 Dec 2023 03:01
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/15795

Actions (login required)

View Item View Item