Pelaksanaan Tugas Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Bukittinggi Terhadap Penyelesaian Permasalahan Konsolidasi Tanah Jalan By Pass Bukittinggi Perspektif Mashlahah

Shabri. MS, M. Auli (2023) Pelaksanaan Tugas Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Bukittinggi Terhadap Penyelesaian Permasalahan Konsolidasi Tanah Jalan By Pass Bukittinggi Perspektif Mashlahah. Skripsi thesis, Fakultas Syariah.

[img] Text (Cover)
SKRIPSIII M. AULI SHABRI. MS-1-12.pdf - Published Version

Download (798kB)
[img] Text (BAB I)
SKRIPSIII M. AULI SHABRI. MS-13-28.pdf - Published Version

Download (689kB)
[img] Text (BAB III)
SKRIPSIII M. AULI SHABRI. MS-35-52.pdf - Published Version

Download (709kB)
[img] Text (BAB V)
SKRIPSIII M. AULI SHABRI. MS-78-82.pdf - Published Version

Download (422kB)
[img] Text
SKRIPSIII M. AULI SHABRI. MS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Pelaksanaan Tugas Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Bukittinggi Terhadap Penyelesaian Permasalahan Konsolidasi Tanah Jalan By Pass Bukittinggi Perspektif Mashlahah”. Disusun oleh M. Auli Shabri. MS, NIM. 1913030089. Program Studi Hukum Tata Negara Fakultas Syari’ah, UIN Imam Bonjol Padang. Penulisan skripsi ini dilatar belakangi karena adanya konsolidasi tanah yang dilakukan oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Bukittinggi kepada masyarakat peserta konsolidasi tanah dalam menjalankan tugas dan wewenangnya untuk melaksanakan pembangunan jalan by pass Kota Bukittinggi lebih maju sehingga dapat meningkatkan pembangunan dan perekonomian Kota Bukittinggi terhadap fasilitas umum. Penelitian ini membahas permasalahan konsolidasi tanah jalan by pass Bukittinggi, bentuk-bentuk tugas Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Bukittinggi dalam menyelesaikan permasalahan konsolidasi tanah jalan by pass di Bukittinggi, dan tinjauan mashlahah terhadap konsolidasi tanah oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Bukitinggi. Untuk menjawab permasalahan tersebut, maka dilakukan penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif dengan menggunakan data yang di dapat melalui teknik wawancara dengan pihak-pihak terkait seperti Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, pejabat sekitar, tokoh masyarakat, dan masyarakat peserta konsolidasi. Penelitian ini menghasilkan: pertama, permasalahan konsolidasi tanah jalan by pass Bukittinggi yang diantaranya adalah rendahnya informasi sosialisasi yang diterima oleh masyarakat, sertifikat tanah yang tidak dikuasai oleh pemilik tanah, tanah konsolidasi merupakan tanah kaum, banyaknya pendirian bangunan tanpa izin di kawasan konsolidasi, dan kesediaan masyarakat untuk melakukan konsolidasi tanah. Kedua, bentuk-bentuk tugas Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Bukittinggi dalam menyelesaikan permasalahan konsolidasi tanah jalan by pass di Bukittinggi guna mencari solusi dari permasalahan konsolidasi tanah jalan by pass Bukittinggi. Ketiga, konsolidasi tanah yang di lakukan antara Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Bukitinggi dan masyarakat konsolidasi dengan mengedepankan prinsip mashlahah melalui pendekatan langsung, sosialisasi sebagai bentuk mediasi keterbukaan informasi, dan pengembalian hak pemilik tanah sehingga tidak dilaksanakan dengan secara terpaksa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Konsolidasi, Mashlahah
Subjects: D History General and Old World > D History (General) > D051 Ancient History
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Tata Negara
Depositing User: Ruang Baca Fakultas Syariah
Date Deposited: 11 Oct 2023 04:15
Last Modified: 11 Oct 2023 04:15
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/15708

Actions (login required)

View Item View Item