Pemberhentian Aparat Sipil Negara oleh Bupati Sijunjung Perspektif Siyasah Qadhaiyyah (Analisis Putusan Pengadilan Tata Usaha Negara Padang No.9/G/2019/PTUN.PDG)

Dona, Rahma (2023) Pemberhentian Aparat Sipil Negara oleh Bupati Sijunjung Perspektif Siyasah Qadhaiyyah (Analisis Putusan Pengadilan Tata Usaha Negara Padang No.9/G/2019/PTUN.PDG). Skripsi thesis, FAKULTAS SYARIAH.

[img] Text (COVER)
COVER.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (913kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (746kB)
[img] Text (BAB V DAN DAFTAR PUSTAKA)
BAB V DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (705kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul: Pemberhentian Aparat Sipil Negara oleh Bupati Sijunjung Perspektif Siyasah Qadhaiyyah (Analisis Putusan Pengadilan Tata Usaha Negara Padang No.9/G/2019/PTUN.PDG ditulis oleh: Rahma Dona NIM 1813030017, Prodi Hukum Tata Negara UIN Imam Bonjol Padang. Penulisan skripsi ini dilatarbelakangi oleh Bupati Kabupaten Sijunjung telah melakukan Pemberhentian Aparatur Sipil Negara yang bersangkutan tidak lagi berkedudukan sebagai Pegawai Negeri Sipil, termasuk pemberhentian tidak secara hormat disebabkan karena dipidana penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang telah memiliki kekuasaan hukum tetap. Berdasarkan rumusan masalah bagaiamana pandangan siyasah qadhaiyyah terhadap putusan pengadilan tata usaha negara Padang No. 9/G/2019/PTUN.PDG terkait Pemberhentian Aparatur Sipil Negara oleh Bupati Sijunjung. Dengan Pertanyaan penelitian sebagai berikut: 1) Bagaimana uraian kasus perkara sengketa Pemberhentian Aparatur Sipil Negara oleh Bupati Sijunjung atas Putusan PTUN Padang N0. 9//G/2019/PTUN.PDG? 2) Bagaimana pertimbangan hukum hakim dalam memutuskan perkara sengketa terkait Pemberhentian Aparatur sipil Negara oleh Bupati Sijunjung atas putusan No. 9/G/2019/PTUN.PDG? 3) Bagaimana Pandangan Siyasah Qadhaiyyah terhadap Pemberhentian Aparatur sipil Negara oleh Bupati Sijunjung atas putusan No. 9/G/2019/PTUN.PDG. Penelitian yang digunakan adalah yuridis-normatif law research. Data yang digunakan berupa, data primer diperoleh dari putusan PTUN Padang Nomor 9/G/2019/PTUN.PDG. tentang pemberhentian Aparatur Sipil Negara oleh Bupati Sijunjung. Data sekunder diperoleh dari buku-buku, jurnal yang menggunakan teknis dokumentasi. Data tersier diperoleh dari data primer dan data sekunder yaitu, kamus hukum dan petunjuk lain yang berkaitan dengan masalah yang diteliti. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian ini adalah sengketa pemberhentian Aparatur Sipil Negara oleh Bupati Sijunjung Nomor: 188.2017-2019 tidak sesuai dengan dengan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara. Putusan PTUN Padang Nomor: 9/G/2019/PTUN.PDG. Bahwa Pertimbangan hukum hakim dalam Putusan sesuai dengan hukum yang berlaku karena dengan menyeleweng sumpah dan ingkar terhadap janji sebagai ASN yang mempunyai tugas dengan menyalahgunakan jabatan. Kasus sengketa dalam putusan ini termasuk dalam wewenang pejabat pemerintahan dalam Siyasah Qadhaiyyah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Siyasah Qadhaiyyah; Putusan PTUN
Subjects: U Umum (General) > Hukum
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Tata Negara
Depositing User: Ruang Baca Fakultas Syariah
Date Deposited: 09 Oct 2023 02:41
Last Modified: 09 Oct 2023 02:41
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/15683

Actions (login required)

View Item View Item