Hariswendra, Abing (2023) Kata Kunci: Analisis Pelaksanaan Model Pembelajaran Make a Match, RPP, Pelaksanaan, Evaluasi. Skripsi thesis, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan: Tadris: IPS.
Text (Abing Hariswendra, 1914090073, Cover-Daftar Isi)
Abing Hariswendra, 1914090073, Cover-Daftar isi.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
Abing Hariswendra, 1914090073, BAB I .pdf - Published Version Download (445kB) |
|
Text (BAB III)
Abing Hariswendra, 1914090073, BAB III.pdf - Published Version Download (356kB) |
|
Text (BAB V)
Abing Hariswendra, 1914090073, Bab V-Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (211kB) |
|
Text (SKRIPSI FULL TEKS)
Abing Hariswendra, 1914090073, Skripsi.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Latar belakang masalah yaitu minat dan antusias belajar peserta didik pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) tergolong cukup rendah. Peserta didik terlihat tidak aktif dalam kelas, mengantuk, tidak memperhatikan pembelajaran, bahkan ada yang tertidur pada saat pembelajaran berlangsung. Model pembelajaran Make a Match merupakan model yang dapat digunakan dalam proses belajar mengajar, selain menarik model pembelajaran ini juga banyak digunakan karena model ini melibatkan seluruh peserta didik dalam pelaksanaannya. Model pembelajaran Make a Match ini sudah pernah digunakan guru dalam pembelajaran IPS, namun kurang berhasil dalam mencapai tujuan pembelajaran, padahal model pembelajaran Make a Match merupakan salah satu model pembelajaran yang kreatif dan menarik. Inilah yang mendorong peneliti untuk melakukan penelitian model Make a Match ini. Jenis penelitian yang digunakan adalah field research yaitu penelitian lapangan dengan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan penelitian pendekatan kualitatif yang didasari oleh keinginan untuk mengetahui pelaksanaan model Make a Match pada pembelajaran IPS. Peneliti mendapatkan hasil data dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini mencakup tiga aspek, yaitu RPP, Pelaksanaan, dan Evaluasi. Pertama, dalam RPP model Make a Match guru IPS telah menyusun RPP sesuai dengan model yang digunakan dalam pembelajaran, yang mana terdiri dari: kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Kedua, dalam pelaksanaan model pembelajaran Make a Match dalam mata pelajaran IPS telah dilaksanakan dengan cukup baik, namun masih belum begitu sempurna karena ada beberapa kendala dalam pelaksanaannya, masih terdapat ketidak sesuain antara pelaksanaan dengan RPP. Yang mana pada tahap mencari pasangan kartu lebih lama dibandingkan dengan yang ada di RPP, serta kurangnya kontrol dalam pelaksanaannya. Ketiga yaitu mengenai evaluasi model ini guru melihat kedalam tiga aspek penilaian, yang pertama aspek kognitif dinilai melalui kecepatan peserta didik dalam menemukan pasangan kartu dan nilai tugas. Yang kedua aspek afektif dari kesopanan peserta didik. Yang terakhir yaitu aspek psikomotorik yang dinilai dari penyampaian materi pada saat melakukan presentasi di depan kelas.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analisis Pelaksanaan Model Pembelajaran Make a Match, RPP, Pelaksanaan, Evaluasi |
Subjects: | U Umum (General) > Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPS |
Depositing User: | Ruang Baca FTK 1 |
Date Deposited: | 13 Oct 2023 06:02 |
Last Modified: | 13 Oct 2023 06:02 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/15680 |
Actions (login required)
View Item |