Tinjauan Fikih Muamalah Terhadap Pungutan Pengambilan Sembako di Jorong Labuh Lurus Kenagarian Aia Gadang Kecamatan Pasaman Kabupaten Pasaman Barat

Fitri, Izanul (2023) Tinjauan Fikih Muamalah Terhadap Pungutan Pengambilan Sembako di Jorong Labuh Lurus Kenagarian Aia Gadang Kecamatan Pasaman Kabupaten Pasaman Barat. Skripsi thesis, Fakultas Syariah.

[img] Text (Cover dan dll)
cover izanul Fitri 1.pdf - Published Version

Download (765kB)
[img] Text (BAB I)
Izanul Fitri-1913040175-HES-BAB I.pdf - Published Version

Download (557kB)
[img] Text (BAB III)
Izanul Fitri-1913040175-HES-BAB III.pdf - Published Version

Download (684kB)
[img] Text (BAB V dan pustaka)
Izanul Fitri-1913040175-HES-BAB V dan Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (513kB)
[img] Text (Fulltext)
skripsi iza betul bana 2-1 OK-2.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Tunjauan Fikih Muamalah Terhadap Pungutan Pengambilan Sembako di Jorong Labuh Lurus Kenagarian Aia Gadang Kecamatan Pasaman Kabupaten Pasaman Barat”. Disusun oleh Izanul Fitri NIM 1913040175 Mahasiswa Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah UIN Imam Bonjol Padang. Skripsi ini dilatarbelakangi oleh adanya pungutan upah yang diminta oleh ketua PKH di Jorong Labuh Lurus terhadap masyarakat yang diambilkan sembakonya di e-warong. Pertanyaan dari penelitian ini adalah pertama, Bagaimana penyebab terjadinya pungutan pengambilan sembako oleh ketua PKH Jorong Labuh Lurus Kenagarian Aia Gadang Kecamatan Pasaman Kabupaten Pasaman Barat? Kedua, Bagaimana pelaksanaan pungutan pengambilan sembako oleh ketua PKH Jorong Labuh Lurus Kenagarian Aia Gadang Kecamatan Pasaman Kabupaten Pasaman Barat? Ketiga, Bagaimana tinjauan fikih muamalah terhadap pungutan pengambilan sembako di Jorong Labuh Lurus Kenagarian Aia Gadang Kecamatan Pasaman Kabupaten Pasaman Barat? Metode analisis data yang penulis gunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan dengan cara dengan cara observasi, wawancara, dan data dokumentasi. Metode yang digunakan dalam pemilihan informan penulis menggunakan purposive sampling adalah teknik pemilihan informan dengan penentuan sampel tertentu yang dianggap relevan serta mengetahui objek yang akan diteliti. Kesimpulan dari penelitian ini adalah 1). Penyebab dari pungutan pengambilan sembako oleh ketua PKH di Jorong Labuh Lurus adalah Pengambilan sembako tersebut sudah berhari-hari belum selesai dibagikan dan masyarakat juga sudah berkali-kali datang ke e-warong dan belum mendapatkan sembakonya. 2).Pelaksanaan pemungutan upah pengambilan sembako oleh ketua PKH Jorong Labuh Lurus dilakukan dengan cara masyarakat sebelumnya tidak beri tahu jika ada upah yang dipungut yaitu sebesar Rp.5000 per karung beras 3). Menurut tinjauan fikih muamalah praktik pungutan pengambilan sembako oleh ketua PKH di Jorong Labuh Lurus yaitu tidak sah karena mu’jir tidak menjelaskan terlebih dahulu mengenai besaran upahnya kepada musta’jir, sehingga ada beberapa dari musta’jir atau penerima bantuan sembako merasa tidak rela atas biaya yang diminta oleh ketua PKH.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Depositing User: Ruang Baca Fakultas Syariah
Date Deposited: 06 Oct 2023 09:18
Last Modified: 06 Oct 2023 09:18
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/15655

Actions (login required)

View Item View Item