Tingakt Literasi Media Mahasiswa Terhadap Penggunaan Youtube Sebagai Media Belajar

wan, Satra (2023) Tingakt Literasi Media Mahasiswa Terhadap Penggunaan Youtube Sebagai Media Belajar. Skripsi thesis, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi.

[img] Text (COVER)
Cover, dll- Sastrawan-1912010051.pdf - Published Version

Download (886kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I-Sastrawan-1912010051.pdf - Published Version

Download (411kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III-Sastrawan-1912010051.pdf - Published Version

Download (410kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V-Sastrawan-1912010051.pdf - Published Version

Download (321kB)
[img] Text (FULL TEXT)
Full Text-Sastrawan-1912010051.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini menggambarkan tingkat literasi media mahasiswa terkait penggunaan YouTube sebagai media belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif untuk mengumpulkan data mengenai pengetahuan dan penggunaan YouTube sebagai sumber belajar oleh mahasiswa. Partisipan penelitian terdiri dari mahasiswa prodi Komunikasi penyiaran islam di sebuah perguruan tinggi yang dipilih secara acak. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner yang dirancang khusus untuk mengukur literasi media mahasiswa terhadap penggunaan YouTube. Kuesioner ini mencakup pertanyaan-pertanyaan mengenai pengetahuan mahasiswa tentang fitur dan fungsi YouTube, frekuensi penggunaan YouTube sebagai media belajar, dan preferensi terkait konten pembelajaran di YouTube. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif menggunakan metode statistik seperti frekuensi, persentase, dan mean. Hasil analisis menunjukkan tingkat literasi media mahasiswa terhadap penggunaan YouTube sebagai media belajar. Temuan ini memberikan gambaran tentang sejauh mana mahasiswa memahami potensi YouTube sebagai sumber belajar dan seberapa sering mereka menggunakannya dalam konteks pembelajaran. Hasil penelitian sebagai berikut: 1) Mahasiswa KPI dalam menganalisis YouTube sebagai media belajar dengan tingkat literasi media berada pada taraf sedang yaitu dengan persentase 45,74%. 2) Indikator Analysis: Dalam indikator ini, mayoritas responden memiliki tingkat pencapaian "Sedang" dengan persentase tertinggi sebesar 56,38%. 3) Indikator Evaluation: Mayoritas responden juga memiliki tingkat pencapaian "Sedang" pada indikator Evaluation, dengan persentase tertinggi sebesar 50%. 4) Indikator Content Creation: Temuan penelitian menunjukkan bahwa mayoritas responden mencapai tingkat pencapaian "Sedang" pada indikator Content Creation, dengan persentase tertinggi sebesar 57,45%. Kata Kunci: tingkat literasi media, YouTube, media belajar, mahasiswa, penelitian kuantitatif deskriptif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: tingkat literasi media, YouTube, media belajar, mahasiswa, penelitian kuantitatif deskriptif.
Subjects: U Umum (General)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Ruang Baca FDIK
Date Deposited: 06 Oct 2023 08:56
Last Modified: 06 Oct 2023 08:56
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/15649

Actions (login required)

View Item View Item