Fauri, Idrasil (2023) PELAYANAN PUBLIK di KANTOR URUSAN AGAMA KECAMATAN LENGAYANG KABUPATEN PESISIR SELATAN. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.
Text (Cover,pengesahan penguji,persetujuan pembimbing,abstrak,daftar isi)
cover dkk.pdf - Published Version Download (4MB) |
|
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Published Version Download (4MB) |
|
Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version Download (4MB) |
|
Text (Bab V,daftar pustaka)
BAB V - DFTR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (4MB) |
|
Text (Skripsi full taxt)
fulll.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Latar belakang permasalahan dalam penelitian ini adalah adanya ketidakpuasan masyarakat terhadap pelayanan publik di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan. Dapat diartikan bahwa Kantor Urusan Agama Kecamatan Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan belum mampu melayani masyarakat dengan baik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan memahami pelayanan publik di Kantor Urusan Agama Kecamatan Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan. Penelitian yang penulis lakukan adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan jenis deskriptif. Sumber data penelitian adalah data primer yaitu kepala Kantor Urusan Agama, bagian pengadministrasian umum, bagian tata usaha dan masyarakat . teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. sedangkan teknik pengolahan data adalah mengumpulkan data, pemeriksaan data, menyeleksi data, penyajian data, menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah Pertama, Reliability (kehandalan) Kantor Urusan Agama Kecamatan Lengayang ialah kemampuan perusahaan untuk memberikan pelayanan sesuai yang dijanjikan secara akurat dan terpercaya. Kinerja harus sesuai dengan harapan masyarakat yang berarti ketepatan waktu, pelayanan yang sama untuk semua masyarakat tanpa kesalahan, sikap yang simpatik, dan dengan akurasi yang tinggi. Kedua, Responsive (ketanggapan) Kantor Urusan Agama Kecamatan Lengayang yaitu kesanggupan untuk membantu dan menyediakan pelayanan secara cepat dan tepat, serta tanggap terhadap keinginan masyarakat. Pegawai harus mampu memberikan kepuasan terhadap masyarakat yang membutuhkan layanan sesuai dengan standar pelayanan yang ada di Kantor Urusan Agama Kecamatan Lengayang. Ketiga, Assurance (jaminan) Kantor Urusan Agama Kecamatan Lengayang ialah kemampuan dan keramahan serta sopan santun pegawai dalam meyakinkan kepercayaan masyarakat. Kantor Urusan Agama Kecamatan Lengayang harus mampu memberikan jaminan terhadap masyarakat dengan hasil kinerja yang sangat baik dengan hasil yang sesuai dengan keinginan dari masyarakat.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pelayanan publik KUA |
Subjects: | U Umum (General) Agama Islam > Fiqih (Hukum Islam) > Hukum Keluarga, Hukum Perkawinan, Hukum Pernikahan Menurut Islam |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah |
Depositing User: | Ruang Baca FDIK |
Date Deposited: | 06 Oct 2023 09:01 |
Last Modified: | 30 Jan 2024 02:01 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/15616 |
Actions (login required)
View Item |